7 Kekejaman Joseph Stalin, Menewaskan Jutaan Orang

Joseph Stalin.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kekejaman Joseph Stalin, sosok diktator Soviet tak perlu dipertanyakan lagi. Joseph Stalin merupakan diktator Uni Soviet yang pernah berkuasa pada 1929 hingga 1953. Pada saat kepemimpinannya, Uni Soviet diubah dari masyarakat tani menjadi negara adidaya. 

Kilas Balik Timnas Indonesia di Olimpiade: Bikin Ketar-ketir Raksasa Eropa!

Selama pemerintahannya juga, sering terjadi teror dan jutaan warganya tewas akibat gaya kepemimpinannya yang brutal. Dalam setiap menceritakan perbuatan mengerikan Joseph Stalin, ketahuilah ini: Anda sebaiknya menetap, karena daftarnya panjang, menyakitkan untuk dibaca, dan penuh dengan penderitaan dan kematian yang tak terhitung. 

VIVA Militer: Penembak jitu wanita militer Uni Soviet, Lyudmila Pa

Photo :
  • Topwar.ru
Vladimir Putin: Dari Mata-Mata Uni Soviet jadi Presiden Terlama Rusia

Stalin mengembangkan kekuasaannya sebagai sekretaris jenderal Partai Komunis Uni Soviet pada awal 1920-an setelah Revolusi Rusia. Dia kemudian menjadi diktator Uni Soviet yang tidak diragukan dan de facto dan sangat kejam ketika harus membunuh rakyatnya.

Namun dapat dikatakan bahwa Stalin hanyalah satu-satunya orang seperti itu pada masanya, salah satu dari banyak orang yang kejam dan jahat di abad ke-20. Di Cina, Mao Zedong membunuh jutaan orang, sementara puluhan juta orang Cina lainnya meninggal karena kelaparan dan bunuh diri dalam Lompatan Jauh ke Depan.

Aksi Tak Terlupakan Timnas Indonesia saat Jajal 5 Tim Elite Dunia

Stalin sering dibandingkan dengan Adolf Hitler , yang membunuh sekitar 6 juta orang Yahudi dalam Holocaust. Di Kekaisaran Ottoman pada awal tahun 1900-an, para pemimpin hampir melakukan genosida terhadap jutaan orang Armenia. Jutaan orang tewas akibat kejahatan perang Jepang selama Perang Dunia II di bawah Perdana Menteri Hideki Tojo dan Kaisar Hirohito.

Bahkan di Uni Soviet, pendahulu Stalin, Vladimir Lenin , tak kenal ampun dalam memimpin partainya melalui revolusi brutal yang merenggut sekitar 9 juta nyawa.

"Masalah dalam mengajarkan Stalinisme," kata Matthew Payne, seorang profesor yang mengkhususkan diri dalam mengajar sejarah Rusia dan Soviet modern di Emory University di Atlanta. "Adalah bagaimana tidak mengabaikan apa yang merupakan rezim yang sangat brutal sementara juga mengontekstualisasikannya di bagian yang sangat tidak stabil. Sejarah dunia. Bagi saya, selalu ada pertanyaan, 'Apakah Stalin yang membuat revolusi, atau apakah revolusi yang membuat Stalin?' Sebagian besar, saya harus mengatakan bahwa revolusi membuat Stalin," tambah Payne. 

Kemiskinan ekstrem yang berdampak pada kelaparan. (Ilustrasi)

Photo :
  • U-Report

Stalin jelas memiliki tempat di antara para ideolog paling kejam dalam sejarah. Jumlah orang yang tewas di bawah pemerintahan Stalin (yang kemudian dikenal sebagai Stalinisme) agak diperdebatkan, mengingat pencatatan rahasia dan seringkali samar selama pemerintahan terorisnya. 

Tetapi melalui perintah langsungnya, jutaan orang di Uni Soviet tewas dengan eksekusi, dan lebih banyak lagi yang tewas di kamp kerja paksa. Jutaan orang lainnya mati kelaparan melalui kebijakannya yang tidak tepat dan seringkali dengan sengaja kejam. Tujuh tindakan paling keji yang dia lakukan ada di bawah ini, mengutip dari history.howstuffworks.com

1. Sistem GULAG

Lenin mendirikan GULAG (akronim untuk, dalam bahasa Inggris, Administrasi Utama Kamp Kerja Kolektif), jaringan penjara dan kamp kerja paksa di seluruh Uni Soviet. Tetapi Stalin-lah yang mempekerjakan mereka untuk tujuan mereka yang paling mengerikan dan paling tidak semi-efektif.

Kamp-kamp, ??seperti penjara di seluruh dunia, digunakan untuk menampung penjahat. Namun, tujuan utama GULAG adalah untuk menguasai penduduk melalui ketakutan — dengan memenjarakan, menyiksa, dan membunuh orang-orang yang tidak diinginkan, pengkritik Komunisme, dan siapa pun yang menentang Stalin untuk menyeret Uni Soviet dari masa lalunya yang agraris ke dalam masyarakat industri. 

Lebih dari 3,7 juta warga Soviet dipaksa masuk ke kamp, banyak di daerah paling terpencil dan tandus di negara itu, antara tahun 1931-1953, menurut satu laporan. Hampir 800.000 dari mereka ditembak.

Populasi Gulag mencapai jumlah terbesarnya pada awal 1950-an dengan kira-kira 2,5 juta narapidana; sebanyak 12 juta hingga 14 juta orang secara keseluruhan masuk dan keluar dari gerbangnya antara tahun 1934 dan 1944 saja; dan tidak kurang dari 1,5 juta orang meninggal di Gulag antara tahun 1930 dan 1956.

GULAG pada suatu waktu berjumlah hampir 500 kamp. Lebih banyak orang melewati sistem GULAG, untuk waktu yang lebih lama, daripada yang dipenjarakan di kamp konsentrasi Nazi Jerman sepanjang keberadaan mereka.

"Tujuan GULAG bukan untuk membunuh orang," kata Payne. "Dirancang untuk mendisiplinkan masyarakat. Ini benar-benar tentang kontrol sosial."

2. Kolektivisasi, Dekulakisasi dan Pemukiman Khusus

Dari sekitar tahun 1929 hingga 1932, atas nama memajukan Komunisme dan memperkuat cengkeramannya di negara, Stalin merebut tanah dan properti jutaan keluarga petani dan memaksa mereka meninggalkan properti mereka (dengan banyak yang mendarat di GULAG).

Jadi mereka dirampas, banyak yang dibunuh, dan yang lainnya diasingkan dan dipaksa bekerja di pertanian kolektif atau di GULAG di pertambangan atau konstruksi, di mana jutaan lainnya meninggal.

Stalin, yang khawatir dengan elemen subversif di dalam perbatasan Soviet, juga memerintahkan pemindahan paksa seluruh populasi,corang-orang dari kebangsaan tertentu yang tinggal di Uni Soviet yang dideportasi atau dipindahkan ke daerah-daerah terpencil di negara itu ke dalam apa yang oleh sebagian orang disebut " pemukiman khusus ."

Dengan kebijakan "dekulakisasi"-nya, Stalin secara efektif memusnahkan seluruh kelas, sangat merusak sektor pertanian ekonomi, yang menyebabkan jutaan orang meninggal dalam Kelaparan Besar. Lebih lanjut tentang bab berikutnya.

3. Kelaparan Besar

Menurut " The Harvest of Sorrow: Soviet Collectivization and the Terror Famine ," sekitar 14,5 juta orang meninggal karena kelaparan di Great Famine tahun 1932-33, juga dikenal sebagai Holodomor . Perkiraan jumlah korban tewas sangat bervariasi, tetapi secara umum disepakati bahwa jutaan orang tewas Ukraina dan Kazakhstan sangat terpukul. Dan tidak seperti kelaparan lain di mana kekeringan adalah penyebab utama, kebijakan Stalin terhadap industrialisasi dan jauh dari produksi pangan pertanian kecil yang berkontribusi terhadap bencana ini.

Selain itu, Stalin menggunakan kekurangan pangan secara strategis, memastikan bahwa daerah-daerah tertentu lebih terpengaruh daripada yang lain. Dia dengan tegas menyambut banyak kematian, terutama jika menyangkut musuh negara, "kulak", dan "pemalas" (mereka yang tidak bekerja di pertanian kolektif). Dia mengutip Lenin yang mengatakan bahwa, " Dia yang tidak bekerja, dia juga tidak akan makan ." Banyak yang menganggap Kelaparan Besar tidak lebih dari genosida dan menyalahkan Stalin secara langsung.

Dari " Genosida Stalin ," oleh Norman M. Naimark:
Untuk sejumlah alasan, Holocaust harus dianggap sebagai kasus genosida terburuk di era modern. Namun demikian, poin perbandingan antara Stalin dan Hitler, Nazisme dan Stalinisme, terlalu banyak untuk diabaikan. Keduanya adalah diktator yang membunuh banyak orang di benua Eropa. Keduanya mengunyah kehidupan manusia atas nama visi transformatif Utopia. Keduanya menghancurkan negara dan masyarakat mereka, serta sejumlah besar orang di dalam dan di luar negara mereka sendiri. Keduanya — pada akhirnya — adalah genosida.

4. Pembersihan Besar

Pada tahun 1936, Stalin memprakarsai " Pembersihan Besar ", yang bertujuan untuk menyingkirkan Partai Komunis dari beberapa pencela dan saingan terbesarnya. Ratusan ribu orang awalnya ditangkap oleh NKVD (polisi rahasia) Stalin. Banyak yang dieksekusi atau dikirim ke GULAG. Dari 103 anggota tertinggi Partai Komunis, 81 dieksekusi.

Akhirnya, lebih dari sepertiga dari Partai Komunis tewas selama Pembersihan Besar-besaran, yang memiliki efek meneror masyarakat umum juga. Banyak orang berpaling dari teman dan anggota keluarga dalam upaya untuk menyelamatkan diri dari GULAG atau kematian yang pasti. Pada akhirnya, bahkan kepala NKVD, Nikolai Yezhov , tidak selamat. Dia dieksekusi pada tahun 1940.

Tapi polisi NKVD bertenaga tinggi seperti Yezhov tidak hanya menghilang dari kehidupan, mereka juga menghilang dari foto. Stalin memahami nilai sejarah foto dan bagaimana menggunakannya untuk propaganda . Stalin melangkah lebih jauh dengan menggunakan retoucher foto untuk menghapus musuh-musuhnya dari foto, termasuk Yezhov, yang pada dasarnya dihapus dari catatan sejarah.

5. Nomor Pesanan 227

Kebrutalan Stalin tidak berhenti pada warga sipil dan musuh Partai Komunis. Itu meluas ke orang-orang yang berjuang untuknya dan negara. Pada tahun 1942, ketika Jerman mendorong jalan mereka menuju Stalingrad pada hari-hari awal Perang Dunia II, Stalin mengeluarkan salah satu dekritnya yang paling terkenal dan berdarah dingin, Perintah No. 227. Ini menyatakan bahwa "pembuat panik dan pengecut harus dilikuidasi di tempat."

Perintah itu juga menyerukan batalyon hukuman tentara yang lebih ringan pelanggarannya dikirim ke garis depan dan "unit penjaga" di belakang garis akan mencegah pengecut mundur. Tidak jelas berapa banyak tentara Soviet yang tewas di tangan rekan-rekan mereka di bawah perintah Stalin.

6. Menghukum Tawanan Perang

Dalam ordo terkenal lainnya, Stalin mengatakan bahwa, " Kami tidak memiliki tawanan perang, hanya pengkhianat tanah air! " Dari " Perang Hitler di Timur, 1941-1945: Penilaian Kritis ": Berbeda dengan tawanan perang dari negara Sekutu lainnya, orang Soviet yang selamat dari kamp Hitler tidak kembali ke tanah air mereka setelah perang sebagai pahlawan yang dibebaskan.

Banyak yang menjalani repatriasi paksa, sementara yang lain berhasil bertahan di Barat, termasuk beberapa penjahat perang. Karena Stalin tidak mempercayai anggota Tentara Merah yang telah ditangkap, sebagian besar tawanan perang Soviet langsung berpindah dari kamp konsentrasi Jerman ke kamp "Kepulauan Gulag" ...
Jutaan tawanan perang Soviet diinterogasi sekembalinya mereka, sekitar setengahnya dikirim ke GULAG dan ribuan lainnya ditembak atau mati di tangan rekan senegaranya.

7. Memberikan Izin untuk Kejahatan Perang

Meskipun Stalin mengirim ribuan tawanan perang Sovietnya sendiri ke kematian mereka, dia menutup mata terhadap bagaimana kinerja prajuritnya di medan perang. Jika mereka bertempur "dengan mengagumkan" artinya jika mereka memenangkan pertempuran Stalin tidak mempermasalahkan bagaimana mereka melakukannya, atau akibat setelahnya. Setelah mendengar laporan bahwa tentara Soviet memperkosa wanita di Jerman dan di tempat lain, dia dilaporkan mengatakan " apa yang begitu buruk dalam bersenang-senang dengan seorang wanita, setelah kengerian seperti itu?"

Stalin terus menjalankan Uni Soviet dengan kepalan tangan selama sebagian besar hidupnya. GULAG sebenarnya masih menahan sekitar 2,5 juta narapidana pada tahun 1953, tahun kematiannya. Tapi GULAG, dan Stalinisme, semuanya terurai setelah kematiannya.

"Negara teror yang dibangun Stalin dibongkar dengan sangat cepat oleh penerusnya," kata Payne. "Salah satu alasannya adalah, itu sangat tidak efisien. Menempatkan banyak orang ke dalam penjara, bahkan jika Anda mempekerjakan mereka, bukanlah cara yang bagus untuk menjalankan negara Anda."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya