Aksi Tak Terlupakan Timnas Indonesia saat Jajal 5 Tim Elite Dunia

Indonesia vs Argentina
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JakartaTimnas Indonesia ternyata sudah beberapa kali menghadapi tim elite dunia. Setidaknya, sempat ada lima tim elite dunia yang bersua Skuad Merah Putih.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Di saat diprediksi menjadi bulan-bulanan lawan, Indonesia justru bisa memberikan perlawanan sengit.

Meski bukan kemenangan yang didapat, setidaknya semangat juang Skuad Garuda membuat suporter puas. Berikut lima laga Indonesia saat menghadapi tim elite dunia:

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

1. Uni Soviet 0-0 Indonesia

Aksi Ramang di duel Indonesia versus Uni Soviet pada Olimpiade 1956 silam

Photo :
  • FIFA.com
Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Indonesia bertemu dengan Uni Soviet di perempatfinal Olimpiade 1956. Kedua tim bertemu di Olympic Park Stadium, Melbourne, Australia.

Uni Soviet saat itu merupakan tim yang sangat ditakuti dan diperkuat sederet bintang top dunia. Salah satu yang melegenda adalah kiper Lev Yashin. Di luar dugaan, Indonesia mampu menahan imbang Uni Soviet 0-0 pada 29 November 1956.

Indonesia mampu menerapkan skema "parkir bus" yang membuat lawan kewalahan. Sayang, Indonesia tetap gagal ke semifinal, usai kalah 0-4 di partai ulangan.

Namun, kisah menahan Uni Soviet tetap menjadi cerita heroik. Apalagi, pada saat itu Uni Soviet akhirnya merebut medali emas.

2. Indonesia 1-7 Uruguay
Indonesia memang kalah telak dalam laga ini. Tapi, setidaknya Skuad Garuda sempat membuat raksasa Amerika Selatan tersebut terkejut karena harus kebobolan terlebih dahulu.

Duel Timnas Indonesia vs Uruguay dalam laga persahabatan 8 Oktober 2010

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 8 Oktober 2010, Indonesia unggul di menit 18. Umpan Bambang Pamungkas diselesaikan dengan sempurna oleh Boaz Solossa.

Setelah itu, Timnas Uruguay mengamuk. Luis Suarez dan Edinson Cavani sama-sama mencetak hattrick, satu gol lagi disumbangkan Sebastian Eguren.

Sebenarnya, kekalahan telak Indonesia ini pantas dimaklumi. Uruguay baru saja menembus semifinal Piala Dunia 2010. Setahun berselang, tim besutan Oscar Tabarez menjuarai Copa America 2011.

3. Indonesia 0-3 Belanda  
Indonesia menghadapi Timnas Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 7 Juni 2013. Ini menjadi pengalaman bagus karena Die Oranje baru saja menjadi runner up Piala Dunia 2010.

Indonesia vs Belanda

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Di luar dugaan, Timnas Indonesia mampu membuat repot Belanda. Bahkan, skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Penampilan apik kiper Kurnia Meiga membuat pemain sekelas Robin van Persie mati kutu. Sayangnya, Indonesia akhirnya kalah 0-3. Dua gol Siem de Jong dan gol Arjen Robben membuat Skuat Garuda takluk.

4. Indonesia 1-4 Islandia

Islandia Menang Telak Atas Indonesia Dengan Skor 4-1

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lawan elite kembali mengunjungi Indonesia pada 14 Januari 2018. Indonesia menghadapi Timnas Islandia yang merupakan peserta Piala Dunia 2018.

Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat gol Ilham Udin Armayn. Sayang, Islandia akhirnya berhasil menang telak 4-1. Albert Gudmundsonn mencetak hattrick, sedangkan satu gol lainnya disumbangkan Arnor Smarasson.

5. Indonesia 0-2 Argentina

Timnas Argentina bisa dibilang sebagai tim paling elite yang pernah dihadapi Indonesia. Maklum mereka datang ke Indonesia dengan status sebagai juara Piala Dunia 2022 sekaligus rangking 1 dunia FIFA.

Indonesia vs Argentina

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Hebatnya, Indonesia mampu memberi perlawanan meski akhirnya kalah 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 19 Juni 2023 silam. Gol Albiceleste dicetak Leandro Paredes (38') dan Cristian Romero (55').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya