Emmeril Khan Hilang di Swiss, Kemlu: Pencarian Dilanjutkan Hari Ini

Teuku Faizasyah (kiri) dan Direktur PWNI BHI Kemlu Judha Nugraha (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Aria Cindyara

VIVA – Anak pertama dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan hilang di sungai di Swiss. Hilangnya putra dari Ridwan Kamil bernama Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dikonfirmasi secara langsung oleh adik dari Ridwan Kamil melalui keterangan resminya

Tumpukan Material Pohon Tumbang Penyebab Banjir di Sumbar, Menurut Pusat Studi Bencana Unand

Menurut penuturan adik dari Ridwan Kamil tersebut, pada Kamis 26 Mei 2022, Emmeril saat itu sedang berada di Swiss. Kebetulan pihak keluarga sedang mencari universitas bagi Emmeril untuk melanjutkan studinya ke jenjang S2.

Pada saat kejadian, Elpi Nazmuzaman selaku adik dari Ridwan Kamil itu menuturkan bahwa saat itu Eril sedang berenang di sungai Aare, Bern, Swiss, bersama adik dan temannya. Saat ingin naik ke permukaan, Emmeril terseret arus sungai yang cukup deras, dan sebelumnya sempat mendapatkan bantuan dari temannya, tetapi hal itu tidak berhasil.

BNPB dan BMKG Kerja Sama Perkuat Sistem Peringatan Dini Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Dalam insiden ini, Judha Nugraha selaku Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), mengatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern telah berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat.

“KBRI Bern telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk proses pencarian,” kata Judha saat dimintai konfirmasi oleh VIVA, pada Jumat 27 Mei 2022.

Puluhan Kampung Tenggelam, Kabupaten Mahakam Ulu Tetapkan Status Darurat Banjir

Ridwan Kamil bersama istri dan anaknya

Photo :
  • Instagram @emmrilkhan

Judha juga menjelaskan bahwa pihak berwenang Swiss juga langsung melakukan upaya pencarian pada saat kejadian. Meski hingga hari ini Emmeril belum ditemukan, namun pencarian akan tetap berlanjut.

“Upaya pencarian langsung dilakukan pada tanggal 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022,”tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya