7 Negara Bagian Rusia Beragama Islam, Ada yang Capai 98 Persen

Muslim Rusia
Sumber :

VIVA – Negara bagian Rusia beragama Islam bisa dihitung beberapa jari. Islam merupakan agama yang selalu menjadi bagian terpenting dan utama dalam sejarah Rusia. Terbukti, jika Rusia memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa, dan menurut Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2017, Muslim di Rusia berjumlah 14 juta atau sekitar 10% dari total populasi.

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Agama Islam di Rusia merupakan agama atau kepercayaan yang terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks. Bahkan, ada beberapa negara bagian Rusia yang mayoritas ternyata penduduknya menganut agama Islam.

Muslim di Rusia

Photo :
  • Sumber BBC
Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

Diketahui, terdapat lebih dari 90 persen penduduk beragama Muslim di Rusia yang mengantu Islam Sunni dan sekitar 10 persen atau lebih dari dua juta lainnya merupakan penganut Muslim Syiah.

Islam pertama kali mencapai wilayah Kaukasus dengan penaklukan Arab pada abad ke-7. Orang-orang Dagestan menjadi orang pertama yang menjadi Muslim di wilayah Rusia saat ini setelah masuk Islam pada abad ke-8. Negara Muslim pertama di masa depan tanah Rusia adalah Volga Bulgaria.

Tegas! Putin Langsung Pecat Wakil Menteri Pertahanan yang Terjerat Kasus Korupsi

Melansir dari aboutislam.net, Islam diakui di bawah hukum dan oleh para pemimpin politik Rusia sebagai salah satu agama tradisional Rusia.  Posisi Islam sebagai agama utama Rusia, di samping Kristen Ortodoks, berasal dari zaman Catherine yang Agung.

Islam dinyatakan sebagai agama negara di Volga Bulgaria pada tahun 922, yang 66 tahun lebih awal dari penerimaan Kristen Ortodoks sebagai agama negara Kievan Rus.

Setelah jatuhnya rezim Tsar, Uni Soviet memperkenalkan kebijakan ateisme negara, yang menghambat praktik Islam dan agama lain dan menyebabkan eksekusi dan penindasan terhadap berbagai pemimpin Muslim. 

Setelah runtuhnya Uni Soviet, Islam mendapatkan kembali ruang bergengsi yang diakui secara hukum dalam politik Rusia. Terdapat sejumlah etnis asli Rusia yang merupakan penganut agama Islam yang taat, mulai dari Chechen/Chechnya, Tatar, Bashkir, Ingush, Cherkess, Karachay, Balkar, Kabardin, Circassian, Dagestani, dll.

Berikut ini akan kami beritahu tujuh negara bagian Rusia yang beragama Islam, yang menarik untuk Anda ketahui. Mari kita pelajari sedikit tentang tujuh dari 22 Republik Rusia yang mayoritas beragama Islam berikut ini.

Muslim di Rusia.

Photo :
  • U-Report

Dagestan

Republik Dagestan terletak di Laut Kaspia di Kaukasus Utara Eropa Timur. Negara-bangsa pegunungan ini terutama merupakan rumah bagi Kaukasia Timur Laut, seperti Avars, Dargins, Lezgins, Laks, Kumyks, dan lainnya. Sementara itu, kelompok etnis Turki juga merupakan minoritas yang signifikan di wilayah tersebut.

Menurut survei 2012, sekitar 83% orang Dagestan menganut Islam. Dari jumlah ini, sebagian besar orang Dagestan mengikuti mazhab Syafi'i Islam Sunni.

Sementara itu, penganut Islam Syiah (terutama Azeri di kota pesisir Derbent) dan Salafisme juga dapat ditemukan di wilayah tersebut.

Fakta Menarik : Dagestan adalah rumah bagi  Khabib Nurmagomedov yang legendaris  !

Tatarstan

Republik Tatarstan terletak di Eropa Timur dan dianggap sebagai negara Muslim pertama dalam batas-batas Rusia modern. Menurut sebuah penelitian, sekitar 53% penduduk Tatarstan menganggap dirinya Muslim. Penting untuk dicatat bahwa Tatar Turki merupakan kelompok etnis yang dominan di wilayah tersebut.

Chechnya

Republik Chechnya merupakan sebuah nama daerah di Federasi Rusia yang berbentuk Republik. Republik Chechnya terletak di Kaukasus Utara di Eropa Timur, dekat dengan Laut Kaspia. Etnis Chechen merupakan kelompok etnis yang dominan di wilayah ini.

Menurut survei jajak pendapat Grozny 2010, sebuah kekalahan 95% dari populasi wilayah menganggap diri mereka sebagai Muslim.  Mayoritas penduduk di Chechnya adalah beragama Islam. Sekitar 95 persen adalah Islam dan rata-rata menganut madzhab Syafii.

Muslim Chechnya berdoa di Grozny, ibu kota Chechnya. 

Bashkortostan

Republik Bashkortostan terletak di antara Volga dan Pegunungan Ural di Eropa Timur. Wilayah ini sebagian besar dihuni oleh etnis Rusia, Bashkirs, dan Tatar Volga. Menurut survei Sreda 2012, sekitar 58% populasi Bashkortostan menganggap diri mereka Muslim. Dari jumlah tersebut, sebagian besar penduduk wilayah tersebut mengikuti mazhab Hanafi Islam Sunni.

Ingushetia

Republik Ingushetia terletak di Kaukasus Utara Eropa Timur. Etnis Ingush merupakan kelompok dominan di wilayah tersebut. Ingushetia dianggap sebagai salah satu wilayah paling religius di Rusia, dengan 96% penduduknya menganut agama Islam.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar penduduk wilayah tersebut mengikuti mazhab Syafi'i Islam Sunni. Muslim Ingush berdoa di Magas, ibu kota Ingushetia. 

Penduduk di Republik ini 467.294 jiwa (2002), dengan 98,13 persen warganya yang beragama Islam.
Ingush menjadi etnis terbesar pemeluk Islam dengan jumalah 77.27 persen, sementara Chechen 20.42 persen.

Karachay-Cherkessia

Republik Karachay-Cherkessia terletak di Kaukasus Utara. Wilayah ini terutama terdiri dari Karachays, Cherkess, Abazin, dan etnis Rusia. Menurut survei 2012, sekitar 64% penduduk Karachay-Cherkessia menganut Islam. Total populasinya mencapai 427,418 jiwa, dengan 62,92 persen beragama Islam.

Etnis Karachai menjadi yang terbanyak pemeluk Islam, dengan jumlah 38.50 persen, kemudian Cirkassia (11,28), Abazin (7,36), Nogai (3,38). Bashkortostan merupakan salah-satu wilayah Rusia di mana sebagian besar penduduknya menganut agama Islam yang terdiri dari etnis Tatar dan Bashkir.

Kabardino-Balkaria

Republik Kabardino-Balkarian terletak di Kaukasus Utara. Kabardin, Balkar, dan Rusia merupakan kelompok etnis yang dominan di wilayah tersebut. Menurut survei 2012, lebih dari 70% penduduk di wilayah itu memeluk Islam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya