10 Fakta dan Misteri Pangkalan Militer Rahasia AS, Diego Garcia

pulau diego garcia
Sumber :
  • USAF

VIVA – Pangkalan militer rahasia AS di pulau Diego Garcia adalah salah satu instalasi militer AS yang paling strategis dan rahasia di luar Amerika Serikat. Terletak di dekat pusat terpencil Samudra Hindia dan hanya dapat diakses dengan transportasi militer, pangkalan yang kurang dikenal ini telah berperan penting dalam operasi militer Amerika dari Perang Dingin hingga perang melawan teror dan mungkin menampung penjara rahasia CIA di mana tersangka teroris berada. diinterogasi dan disiksa.

Drone Israel Berhasil Ditembak Jatuh, Pangkalan Militer Iran jadi Sasaran

Tapi Diego Garcia menyimpan rahasia kotor lainnya, rahasia yang dirahasiakan dari sebagian besar dunia--sampai sekarang. Diego Garcia sendiri merupakan sebuah atol yang terletak di selatan khatulistiwa di tengah Samudera Hindia. Diego Garcia adalah pulau terbesar dari 60 pulau kecil terdiri dari Kepulauan Chagos. 

Diego Garcia diselesaikan oleh Prancis pada 1790-an dan dipindahkan ke pemerintahan Inggris setelah Perang Napoleon.   Ingin tahu lebih banyak tentang pangkalan militer misterius ini? Berikut ini akan kami beritahu beberapa fakta dan misteri pangkalan militer misterius, Diego Garcia.

Israel Sebut Pangkalan Militer Rusak Akibat Serangan Rudal Iran

Diego Garcia adalah Pulau Terbesar

Diego Garcia adalah sebuah atol yang terletak di selatan khatulistiwa di tengah Samudera Hindia. Diego Garcia adalah pulau terbesar dari 60 pulau kecil terdiri dari Kepulauan Chagos. 

Iran Klaim Lebih Dahulu Beri Tahu Amerika sebelum Serang Israel

Diego Garcia Dipindahkan ke Pemerintahan Inggris

Diego Garcia diselesaikan oleh Prancis pada 1790-an dan dipindahkan ke pemerintahan Inggris setelah Perang Napoleon. Itu adalah salah satu "Ketergantungan" Koloni Inggris Mauritius sampai dipisahkan untuk dimasukkan ke dalam Wilayah Samudra Hindia Britania yang baru dibuat pada tahun 1965. 

Diego Garcia Satu-satunya Pulau Berpenghuni di BIOT

Antara 1968 dan 1973, populasi BIOT dipindahkan ke Mauritius dan The Seychelles, setelah itu Amerika Serikat membangun pangkalan angkatan laut dan militer besar di Diego Garcia, yang terus beroperasi sejak saat itu. Pada Maret 2015, Diego Garcia adalah satu-satunya pulau berpenghuni di BIOT; penduduknya terdiri dari personel militer dan kontraktor pendukung.

Pangkalan Militer Rahasia Amerika Serikat

Pertama kali ditemukan pelaut Portugis sekitar tahun 1512. Setelah Perang Napoleon tahun 1814, pulau ini jadi milik inggris. Saat perang dunia ke II tahun 1942, Inggris memanfaatkan Diego Garcia jadi markas angkatan udara untuk misi-misi pengintaian kapal perang Jepang di Samudera Hindia.

Tahun 1966 Inggris sepakat mengizinkan Amerika Serikat mendirikan pangkalan militer di pulau Diego Garcia. Kini, Pulau Diego Garcia digunakan sebagai pangkalan militer yang paling rahasia milik Amerika Serikat. Luas pulau hanya 44 km2. Letak nya yang terpencil di tengah samudera membuat pulau itu tak tersentuh.

Dilansir dari DailyMail, Diego Garcia telah menjadi titik peluncuran aksi militer AS di Timur Tengah, termasuk kampanye 2001 melawan Afghanistan menyusul serangan 11 September dan invasi 2003 ke Irak. Diego Garcia juga merupakan pulau surgawi yang terletak di tengah Samudra Hindia, antara Australia dan Afrika.

Sejarah

Sejarawan percaya pulau itu ditemukan oleh Portugis pada abad ke-16 dan kemudian dijajah oleh Prancis dan Inggris.

Penduduk Asli

Seperti yang dilaporkan Reuters , pada 1960-an pulau itu dihuni oleh Chagossians, yang diusir dari Diego Garcia dan dikirim ke pulau-pulau tetangga seperti Seychelles dan Mauritius untuk memberi jalan bagi proyek militer.

Pangkalan militer

Ini karena pulau yang merupakan bagian dari British Indian Ocean Territory ini telah menjadi pangkalan militer AS yang kuat.

Kesepakatan militer

Hal ini dimungkinkan berkat kesepakatan antara Amerika Serikat dan Inggris.

Terbatas

Akses warga sipil ke pulau itu dibatasi.

Basis

Pulau ini berfungsi sebagai pangkalan militer selama operasi AS di Irak dan Afghanistan.

Buku

Antropolog David Vine menulis sebuah buku tentang tempat misterius yang disebut 'Pulau Malu: Sejarah Rahasia Pangkalan Militer AS di Diego Garcia.'

Lokasi strategis

Dalam buku tersebut, Vine berpendapat bahwa Diego Garcia adalah titik strategis untuk menguasai Asia dan Teluk Persia, sehingga Amerika Serikat tertarik pada pulau itu.
 
Penjara CIA

Menurut surat kabar Spanyol Mundiario , pangkalan militer itu telah ada sejak 1971 dan merupakan rumah bagi salah satu penjara CIA.

Legenda

Namun, menurut The Telegraph , Amerika Serikat tidak mengkonfirmasi keberadaan penjara tersebut.

Teori

Tapi selain pengusiran penduduk asli dan penjara CIA yang seharusnya, Diego Garcia juga menjadi subjek teori konspirasi terkenal yang telah mendapatkan jejak di internet.
Slide 15 dari 30: Menurut Independent, teori tersebut mengklaim bahwa Diego Garcia bisa menjadi penjelasan untuk salah satu misteri terbesar dalam sejarah penerbangan sipil: hilangnya penerbangan Malaysia Airlines 

MH370

Menurut Independent , teori tersebut mengklaim bahwa Diego Garcia bisa menjadi penjelasan untuk salah satu misteri terbesar dalam sejarah penerbangan sipil: hilangnya penerbangan Malaysia Airlines MH370.

Penerbangan

Malaysia Airlines penerbangan 370 lepas landas dari Bandara Kuala Lumpur, dan seharusnya mendarat di Beijing.  239 orang berada di dalamnya, termasuk penumpang dan awak.
 
Tidak ada jejak

Para kru tidak melaporkan sesuatu yang salah dengan penerbangan sebelum hilang dari radar. Sistem pesawat otomatis juga tidak mengirimkan peringatan kesalahan apa pun.

Hilangnya

Namun faktanya pesawat tersebut menghilang secara misterius sehingga memunculkan banyak teori konspirasi.

Kontak

Menurut laporan, kerabat penumpang Malaysia Airlines mencoba menghubungi anggota keluarga mereka melalui telepon seluler dan mengatakan mereka dapat mendengar sinyal panggilan.

Pesan
Laporan lain mengatakan bahwa bahkan tiga hari setelah pesawat menghilang, beberapa ponsel muncul online di layanan pesan QQ China.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya