Daftar 10 Pangkalan Militer AS Terkuat Di Beberapa Negara, Termasuk Asia

VIVA Militer: Pangkalan Angkatan Laut AS di Pulau Kreta, Yunani
Sumber :
  • US Defense Imagery

VIVA Dunia – Amerika Serikat, pada tahun-tahun awalnya, adalah negara yang tidak ingin melakukan intervensi dalam konflik bersenjata di luar perbatasannya. Sikap Amerika terhadap peran global berubah total setelah dua perang dunia yang menjadikannya negara yang secara proaktif berupaya mewaspadai ancaman global dan juga mempromosikan cita-cita Amerika di seluruh dunia.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Meskipun kemampuan militer dan intelijen Amerika Serikat sangat berkembang selama dua Perang Dunia dan kemudian selama Perang Dingin, di zaman modern Amerika Serikat harus bergulat dengan tantangan yang datang dari negara-negara seperti Rusia, China, Korea Utara, dan Iran.

Oleh karena itu, untuk memiliki keunggulan logistik dibandingkan musuh-musuhnya, AS memiliki pangkalan militer di seluruh dunia, yang memberikannya kemampuan untuk menyerang sasaran musuh di mana pun di dunia. Mayoritas pangkalan ini dilengkapi dengan peralatan militer modern dan lapangan terbang.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Salah satu pangkalan militer AS

Photo :
  • Jalopnik

1. Fort Bragg, Carolina Utara

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Fort Bragg telah menjadi salah satu pangkalan militer terpenting dalam sejarah Amerika dan memiliki peran penting dalam mempersiapkan tentara AS untuk bertempur sebelum ditugaskan dalam Perang Dunia II, Perang Dingin, dan konflik di Timur Tengah. Pangkalan ini juga memimpin proyek Amerika terkait peperangan inkonvensional melalui pengembangan Psychological Warfare Center.

Fort Bragg berfungsi sebagai markas Komando Operasi Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat, Korps Lintas Udara XVIII Angkatan Darat, Komando Pasukan Angkatan Darat A.S., dan Komando Cadangan Angkatan Darat A.S. Selain itu, terdapat juga dua lapangan terbang di Fort Bragg.

2. Pangkalan Udara Kadena, Jepang

Pangkalan Udara Kadena adalah pangkalan udara terbesar di Asia Timur dan merupakan rumah bagi Sayap ke-18 Angkatan Udara Amerika Serikat dan Grup Operasi Khusus ke-353, di antara unit-unit lainnya. Lebih dari 20.000 prajurit, keluarga mereka, dan pegawai Jepang tinggal dan bekerja di pangkalan udara ini. Letaknya hanya 750 km dari Shanghai di Tiongkok dan disebut sebagai 'Batu Kunci Pasifik' karena lokasinya yang strategis.

3. Camp Humphreys, Korea Selatan

Camp Humphreys adalah garnisun tentara yang ditempatkan di garis depan di Anjeong-ri Korea Selatan, yang dekat dengan perbatasan dengan Korea Utara.

Aspek penting dari Camp Humphreys adalah bahwa di sini terdapat lapangan terbang tersibuk di Asia, yang disebut Lapangan Udara Tentara Desiderio. Ini juga merupakan garnisun Amerika terbesar di Asia dan menampung lebih dari 30.000 tentara Amerika.

4. Pangkalan Udara Ramstein, Jerman

Pangkalan Udara Ramstein di barat daya Jerman berfungsi sebagai markas besar Angkatan Udara Amerika di Eropa dan Komando Udara Sekutu NATO. Ini adalah salah satu pangkalan militer AS yang paling penting di dunia karena merupakan pusat operasi AS dan NATO di Eropa.

Pangkalan tersebut menjadi titik transfer pada tahun 2021 bagi warga sipil Afghanistan yang melarikan diri dari pengambilalihan Kabul oleh Taliban, dan pada tahun 2022, Pangkalan Udara Ramstein menjadi tuan rumah bagi perwakilan badan pertahanan dari 42 negara untuk menyinkronkan bantuan militer untuk Ukraina.

5. Pangkalan Udara Al-Udeid, Qatar

Pangkalan Udara Al-Udeid di Qatar merupakan instalasi militer terbesar Amerika Serikat di Timur Tengah. Ini berfungsi sebagai pusat operasi Amerika di luar negeri, khususnya terhadap sasaran di negara-negara seperti Afghanistan, Irak dan Suriah. Lebih dari 11.000 tentara Amerika dan koalisi ditempatkan di pangkalan udara tersebut.

6. Pangkalan Udara Incirlik, Turki

Pangkalan Udara Incirlik merupakan pangkalan strategis yang digunakan oleh pasukan Amerika untuk operasi di Timur Tengah dan Eropa. Pangkalan tersebut selalu digunakan oleh AS sebagai pusat pada saat darurat kemanusiaan.

\Ketika perang Afghanistan dimulai pada tahun 2001, Pangkalan Udara Incirlik digunakan sebagai pusat utama operasi pengangkutan udara kemanusiaan, operasi khusus, misi pengisian bahan bakar, dan dukungan pasukan yang dikerahkan.

7. Aktivitas Dukungan Angkatan Laut, Bahrain

Aktivitas Dukungan Angkatan Laut adalah salah satu pangkalan militer AS yang paling penting di dunia. Terletak di Bahrain, ini adalah rumah bagi Armada Kelima Angkatan Laut AS dan Komando Pusat Angkatan Laut AS.

Ini adalah basis penting bagi kepentingan Amerika di Teluk Persia, khususnya dalam memberikan dukungan operasional kepada pasukan Amerika dan koalisi, dan menjamin keamanan kapal, pesawat terbang, dan lokasi terpencil lainnya di wilayah tersebut.

8. Stasiun Angkatan Laut Rota, Spanyol

Rota Stasiun Angkatan Laut di Spanyol sering disebut sebagai pintu gerbang ke Mediterania. Ini adalah salah satu pangkalan militer AS terpenting di dunia karena lokasinya yang strategis membantu memberikan dukungan logistik kepada militer AS dan sekutunya.

Dibangun di atas lahan seluas 6.100 hektar, pangkalan ini menyediakan dukungan kargo dan bahan bakar untuk unit dan kapal yang transit di wilayah tersebut. Selain itu, memberikan fasilitas lapangan terbang dan pelabuhan kepada Angkatan Laut Eropa Afrika Tengah (EURAFCENT) dan armada ke-6.

VIVA Militer: Pangkalan Angkatan Laut AS di Pulau Kreta, Yunani

Photo :
  • US Defense Imagery

9. Pangkalan Udara Thule, Greenland

Pangkalan Udara Thule adalah salah satu pangkalan militer AS yang paling penting di dunia, terletak hanya 947 mil dari Kutub Utara, dan 750 mil di utara Lingkaran Arktik. Pangkalan angkatan udara ini sangat penting dalam hal peringatan rudal serta pengendalian dan pengawasan ruang angkasa. Pangkalan Udara Thule mampu mendeteksi semua rudal balistik antarbenua (ICBM) yang menargetkan tempat mana pun di Amerika Utara.

10. RAF Lakenheath dan RAF Mildenhall, Inggris

Kedua pangkalan kembar ini mempunyai kehadiran pasukan AS terbesar di Inggris. Meskipun berstatus sebagai Stasiun Angkatan Udara Kerajaan Inggris, RAF Mildenhall dan RAF Lakenheath terutama memberikan layanan kepada Angkatan Udara AS dan merupakan rumah bagi Sayap Pengisian Bahan Bakar Udara ke-100. Ini adalah dua pangkalan militer AS yang paling penting di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya