Media Asing Soroti Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Menang Pilpres 2024 Satu Putaran

Prabowo Subianto saat nyoblos Pilpres 2024
Sumber :
  • AP Photo/Vincent Thian

VIVA Dunia – Pemilu di Indonesia, sebagai negara demokratis terbesar di Asia Tenggara, selalu menarik perhatian media asing. Indonesia memang tengah pesta politik, dengan menggelar Pemilu Presiden-Wakil Presiden dan Dewan Legislatif.

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Dalam konteks globalisasi dan teknologi informasi yang semakin maju, media asing memainkan peran penting dalam memberikan liputan, analisis, dan pandangan terhadap proses politik di berbagai belahan dunia.

Salah satunya media besar Al Jazeera yang sedari awal pemilu ikut menyoroti naik turunnya politik Indonesia. Menurut media tersebut, Prabowo Subianto, yang masih menyandang status Menteri Pertahanan Indonesia unggul dan semakin dekat dengan kemenangan satu putaran.

'Wassalam' kalau PDIP dan PKS Juga Gabung Koalisi Prabowo, Menurut Peneliti BRIN

Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok.istimewa

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul kuat dalam pemilihan presiden Indonesia, menurut hasil tidak resmi yang menempatkannya jauh di depan lawannya Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, Jika angka tidak resmi yang diberitakan terbukti akurat dan Prabowo berhasil memenangkan kursi presiden, berarti putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, akan menjadi wakil presiden berikutnya,”

Jokowi Didampingi Prabowo Terima Kunjungan PM Singapura di Istana Bogor

Menurut jajak pendapat awal, Prabowo dan Gibran mengumpulkan sekitar 53 persen suara di kota Surakarta (juga dikenal sebagai Solo), di mana Solo adalah wali kotanya saat ini,” tulis media Timur Tengah tersebut.

Media Asia Tenggara asal Singapura, CNA, juga melaporkan mengenai semakin besarnya peluang menangnya Prabowo-Gibran dalam satu putaran.

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Kandidat presiden dan menteri pertahanan Prabowo Subianto telah memenangkan cukup suara sehingga berpotensi memenangkan pemilu pada Rabu (14 Februari) secara langsung dalam satu putaran, menurut penghitungan cepat yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei independen, dan beberapa menunjukkan bahwa ia telah memperoleh sekitar 60 persen suara,”

Menurut Lingkaran Survei Indonesia (LSI), berdasarkan 75,3 persen sampel surat suara, Prabowo unggul dengan 58,84 persen suara, sementara Anies Baswedan mendapat 23,93 persen dan Ganjar Pranowo mendapat 17,23 persen,” lanjut media tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya