Indonesia Tak Masuk Daftar 15 Negara Paling Ramah di Dunia

Bendera Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Menurut daftar yang dirilis oleh Yahoo Finance dan Insider Monkey, Indonesia tidak berada di antara 15 Negara Paling Ramah Turis Asing di Asia. Sebagaimana dikutip oleh situs webnya pada Rabu, 14 Februari 2024, disebutkan bahwa Asia adalah wilayah dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Diproyeksikan bahwa pada tahun 2040, PDB Asia akan mencapai lebih dari 50% dari PDB global.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Yahoo Finance memasukkan 15 negara Asia yang paling ramah, menurut situs World of Buzz pada Senin 12 Februari 2024. 

Malaysia juga paling menyambut turis, imigran, dan ekspatriat. Malaysia berada di urutan kedua di Asia dan berada di urutan kelima belas negara yang paling ramah di dunia. 

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Tetangga Indonesia ini menang dengan skor akhir 2.20. Malaysia tidak hanya menerima penghargaan itu, tetapi juga dianggap sebagai negara ke-16 yang paling ramah terhadap imigran. 

Malaysia juga berada di peringkat ke-25 negara terbaik untuk orang asing untuk tinggal, dan tahun lalu, 26 juta orang pergi ke negara tersebut karena tingkat visa yang tinggi.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Daftar ini mencakup enam negara lain di Asia Tenggara selain Malaysia. Sayangnya, Indonesia tidak berhasil masuk dalam daftar ini. Kamboja berada di peringkat ke-13, Thailand berada di peringkat ke-8, Singapura berada di peringkat ke-5, Filipina berada di peringkat ke-4, dan Vietnam berada di peringkat ke-3.

1.Uni Emirat Arab

Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Photo :
  • Pixabay

Dengan hanya 11,48 persen populasi Emirat dan lebih dari 88 persen ekspatriat, UEA adalah negara paling ramah turis asing di Asia, menurut HSBC.

Uni Emirat Arab (UEA) adalah negara maju di daratan benua Asia barat yang populer di kalangan pelancong global dengan ibu kotanya Abu Dhabi. Salah satu daya tarik wisatanya yang sangat menarik adalah keberadaan bangunan pencakar langit tertinggi di dunia saat ini.

2. Malaysia 

Forest City, Johor, Malaysia

Photo :
  • Times of India

Malaysia menjadi pemimpin negara dari Asia yang dinobatkan menjadi negara paling ramah di dunia. Menurut HSBC, Malaysia adalah negara ke-25 terbaik untuk kehidupan ekspatriat. Pada tahun 2023, tingkat penerimaan visa yang tinggi membawa 26 juta wisatawan ke Malaysia. Untuk visa kedatangan dan entri eTA, Malaysia berada di urutan keempat di dunia, menurut Indeks Paspor 2024.

3. Vietnam

Pabrik Vinfast di Vietnam

Photo :
  • Dok: Vinfast

Vietnam adalah salah satu negara paling ramah di Asia. Pariwisatanya berkembang pesat, membawa lebih dari 12,6 juta turis pada tahun 2023, tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Vietnam adalah negara penyambutan terbaik di dunia menurut Indeks Paspor 2024.

4. Filipina

Wisata di Filipina

Photo :
  • Instagram

Selanjutnya adalah Filipina, tempat penduduk setempat dianggap "sangat ramah dan bersahabat" dan memiliki banyak tempat indah untuk dilihat oleh pelancong. Wisatawan dari 159 negara dapat mengunjungi negara tersebut dengan menerima visa saat kedatangan atau melalui eTA.

Dalam artikel Insider Monkey tahun 2023, Filipina disebut sebagai negara keempat paling ramah di dunia. Kehidupan di luar negeri adalah ciri khas negara ini. Dalam Daftar Penjelajah Ekspatriat HSBC, Filipina berada di peringkat ke-42 di seluruh dunia.

5. Singapura

Singapura.

Photo :
  • Pixabay/ sasint

Singapura berada di posisi kelima dengan skor 1,51. Menurut Indeks Paspor, negara ini menerima wisatawan dari 164 negara dengan visa saat mereka tiba, menempatkannya di peringkat ke-17. HSBC pun mendaftarkan Negeri Singa sebagai negara terbaik ke-9 di dunia untuk tempat tinggal ekspatriat.

Berikut daftar lengkap 15 Negara Paling Ramah Turis Asing di Asia:

1. UEA

2. Malaysia

3. Vietnam

4. Filipina

5. Singapura

6. Arab Saudi

7. Taiwan

8. Thailand

9. Turki

10. Yordania

11.Bahrain

12. India

13. Kamboja

14. Maladewa

15. Sri Lanka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya