5 Negara Muslim Ini Miliki Ketangguhan Militer Lebihi Israel

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza, Palestina
Sumber :
  • thehill.com

Jakarta – Menurut catatan Global Firepower, Israel menempati peringkat ke-18 dalam hal kekuatan militer. Kekuatan militer negara Yahudi tersebut masih berada di bawah beberapa negara mayoritas Muslim. Beberapa negara tercatat memiliki persenjataan dan personel militer yang lebih besar daripada Israel.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Di bawah ini adalah beberapa negara Muslim yang memiliki kekuatan militer di atas Israel, seperti yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Pakistan

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: 2 Prajurit Infanteri TNI AD lulus pendidikan militer di Pakistan

Photo :
  • Pen.Kodiklat TNI AD

Dalam peringkat Global Firepower, militer Pakistan berada di urutan ketujuh di dunia. Salah satu negara dengan penduduk mayoritas Muslim ini memiliki 654.000 personel militer yang dilengkapi 363 pesawat tempur dan 58 helikopter serang.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Tak hanya itu, negara di Asia Selatan ini juga memiliki 3.742 tank, 6 kapal fregat, 2 kapal korvet, 9 kapal selam, dan ribuan artileri. Kepemilikan senjata nuklir juga memperkuat kekuatan militer Pakistan.

2. Turki

Setelah Pakistan, negara dengan penduduk mayoritas Muslim yang memiliki militer kuat adalah Turki. Negara yang dipimpin Recep Tayyip Erdogan itu berada di urutan ke-11.

Selain memiliki 425 personel tentara militer, Turki juga didukung persenjataan dengan 2.229 tank, 3.140 artileri, 205 jet tempur, 110 helikopter serang, 16 kapal fregat, 9 kapal korvet, dan 12 kapal selam.

3. Indonesia

VIVA Militer: Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Photo :
  • koarmada2.tnial.mil.id

Warga harus berbangga, pasalnya Indonesia menduduki urutan ke-13 sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim yang memiliki militer kuat versi Global Firepower.

Indonesia tercatat memiliki sekitar 400 ribu personel militer yang aktif ditambah 314 tank dan 567 artileri.

Tak hanya itu, Indonesia juga punya 41 jet tempur dan 15 helikopter serang untuk kekuatan militer di udara, sedangkan kekuatan militer di perairan, Indonesia memiliki sekitar 10 kapal fregat, 21 kapal korvet, dan 4 kapal selam.

4. Mesir

Di bawah Indonesia, Mesir menduduki posisi ke-14. Negara yang terkenal dengan piramida ini disebut memiliki 440 ribu personel militer dengan bantuan 4.664 tank dan 3.78 artileri.

Salah satu negara di benua Afrika ini juga memiliki 254 pesawat tempur serta 92 helikopter serang, kemudian 7 kapal korvet, 13 kapal fregat, dan 8 kapal selam.

5. Iran

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Revolusi Iran, Ayatollah Khamenei

Photo :
  • middleeasteye.net

Negara dengan penduduk mayoritas Muslim yang memiliki kekuatan militer yang lebih tinggi dari Israel selanjutnya adalah Iran yang menduduki posisi ke-17.

Militer Iran memiliki sekitar 575 ribu personel yang didukung 4.000 tank dan 2.600 artileri, dilengkapi 196 jet tempur, 12 helikopter serang, serta 3 kapal korvet, 7 kapal fregat, dan 19 kapal selam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya