Indonesia Singkirkan Israel dan Iran, Ini 5 Militer Terkuat di Dunia 2024

VIVA Militer: Pasukan Amerika Serikat di Timur Tengah
Sumber :
  • foxnews.com

Jakarta - Ada beberapa negara yang kini menempati peringkat teratas sebagai militer terkuat di Dunia. Kini Indonesia menggeser posisi Israel dan Iran dan menempati peringkat ke 13.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Kini urutan pertama masih diisi oleh Amerika Serikat sebagai militer terkuat di dunia. Berikut beberapa negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dilansir dari Global Fire Power:

1. Amerika Serikat

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat di Timur Tengah

Photo :
  • aawsat.com

Amerika Serikat menempati urutan pertama sebagai militer terkuat di dunia. Kini mereka telah memiliki alutsista pesawat dengan total 13.300 unit serta alat tempur lapis baja sebanyak 303.553 unit.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Selain itu juga, Amerika Serikat dikenal memiliki persenjataan militer modern. Hingga beberapa negara lainnya membeli persenjataan di negara tersebut.

2. Rusia

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf militer Rusia

Photo :
  • sputniknews.in

Kini Rusia naik ke peringkat kedua sebagai militer terkuat di dunia yang awalnya berada di peringkat ketiga dan menggeser China. Angkatan Udara Rusia memiliki kendaran militer berjumlah 4.078 unit dan 1.485 helikopter.

Sementara Angkatan Darat militer Rusia memiliki 21.000 unit tank tempur, 50.000 unit kendaraan tempur lapis baja, 6.000 unit artileri otomatis dan 3.800 unit senjata roket.

3. China

VIVA Militer: Kapal selam tenaga nuklir Tipe 094B militer China

Photo :
  • thediplomat.com

Kini China harus turun ke peringkat ketiga sebagai militer terkuat di dunia setelah digeser Rusia. Kini China telah memiliki 350 kapal selam. Selain itu juga, Angkatan Laut China telah mengembangkan rudal jelajah dan balistik untuk presisi jauh.

Baru-baru ini, militer China melakukan peluncuran senjata hipersonik ke kapal induk milik militer Amerika Serikat. Hal tersebut sempat terjadi ketegangan antar dua negara tersebut.

4. India

VIVA Militer: Proses evakuasi puing helikopter Mi-17 militer India

Photo :
  • timesnownews.com

Kini India menempati peringkat keempat sebagai negara dengan militer terkuat di dunia. Militer India memiliki tank yang berjumlah 4.730 unit, artileri derek 4.040 unit, dan juga pesawat tempur sebanyak 542 unit.

Selain itu juga, India menempati peringkat kedua sebagai militer terkuat di Asia setelah China. India juga diprediksi memiliki jumlah militer yang terbilang sangat banyak yaitu 1,5 juta personil.

5. Korea Selatan

Militer Korea Selatan menggelar latihan militer dekat perbatasan dengan Korut

Photo :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

Kini Korea Selatan naik ke peringkat kelima dengan militer terkuat di dunia. Sudah tidak heran jika negara tersebut meningkatkan militernya, pasalnya Korsel bertetangga dengan Korea Utara dan sewaktu-waktu perang bisa saja terjadi.

Militer Korea Selatan memiliki pasukan militer 3.680.000 dengan anggota aktif 580.000 dan personel cadangan 3.100.000. Selain itu juga terdapat 2.614 unit tank baja, 14.000 unit kendaran lapis baja, 3.040 unit artileri dan proyektor rocker sebanyak 575 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya