5 Negara dengan Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia, Posisi Indonesia Mengerikan

Personel TNI AL bersama Kapal Perang Indonesia KRI Sampari-628 di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB, Jumat, 28 Januari 2022.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Indonesia termasuk sebagai negara maritim di dunia karena sebagian besar wilayahnya didominasi dengan lautan. Untuk menjaga kedaulatan Indonesia, tentunya Indonesia harus memiliki angkatan laut yang kuat dan bahkan disegani oleh negara lain. 

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Sebab, ada beberapa negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia sampai saat ini. Kekuatan militer dari sebuah negara tentu saja terdiri atas kekuatan angkatan darat, udara, dan laut. Angkatan laut ini terdiri atas kapal perang dan kapal selam di suatu negara. 

World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) sempat merilis data mengenai angkatan laut dari berbagai negara. Mereka memiliki formula untuk mengukur kekuatan angkatan laut sebuah negara. Nah, berikut ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Amerika Serikat

VIVA Militer: Armada tempur kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat

Photo :
  • middleeastmonitor.com
Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Amerika Serikat menduduki posisi teratas dalam peringkat kekuatan angkatan laut dunia dengan skor TvR mencapai 329,9. Armada laut Amerika Serikat terdiri dari 243 unit kapal aktif, termasuk 11 kapal induk, 68 kapal selam, 131 kapal utama, dan 33 kapal amfibi. Angkatan Laut Amerika Serikat telah eksis sejak tahun 1775 dan diakui sebagai yang paling disegani di dunia saat ini.

China

VIVA Militer: Kapal selam tenaga nuklir Tipe 094B militer China

Photo :
  • tass.com

China memiliki Tentara Pembebasan Rakyat yang merupakan angkatan laut nasional yang berada di bawah kontrol partai komunis. Meskipun memiliki jumlah armada kapal yang lebih banyak daripada Amerika Serikat, yaitu 416 kapal aktif, China menempati peringkat kedua dengan TvR sebesar 319,8. Armada laut China, yang telah berdiri sejak tahun 1949, terdiri dari 2 kapal induk, 72 kapal selam, 333 kapal utama, dan 9 kapal amfibi.

VIVA Militer: Kapal perang rudal nuklir Rusia, Askold (Project 22800)

Photo :
  • mil.in.ua

Rusia dikenal sebagai negara yang kuat dalam pertahanan, termasuk angkatan lautnya yang menempati peringkat ketiga. Angkatan Laut Rusia memiliki TvR sebesar 242,3 dengan 265 unit kapal aktif, termasuk 1 kapal induk, 58 kapal selam, 185 kapal utama, dan 21 kapal amfibi. Berdiri sejak tahun 1696 dengan nama "Imperial Russian Navy", Angkatan Laut Rusia merupakan kekuatan yang dihormati.

Indonesia

Personel TNI AL bersama Kapal Perang Indonesia KRI Sampari-628 di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB, Jumat, 28 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA

Indonesia, dengan bangga, menempati peringkat keempat dalam daftar kekuatan angkatan laut dunia dengan TvR sebesar 137,3. Memiliki 242 unit kapal armada laut aktif, Indonesia terdiri dari 4 kapal selam, 208 kapal utama, dan 30 kapal amfibi. TNI Angkatan Laut didirikan pada tahun 1945 bersamaan dengan kemerdekaan negara.

Kedatangan Kapal Perang Korea Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

Korea Selatan menempati posisi terakhir dalam daftar negara dengan angkatan laut yang dihormati di dunia. Dengan 138 unit armada kapal, Korea Selatan memiliki skor TvR sebesar 122,9. Armada kapal Korea Selatan terdiri dari 18 kapal selam, 110 kapal utama, dan 10 kapal amfibi dan telah berdiri sejak tahun 1945.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya