Tak Punya Kekebalan Hukum, Donald Trump Memohon MA Hentikan Kasus Pemilu 2020

Donald Trump saat bertemu wartawan usai persidangannya
Sumber :
  • CNBC News

Amerika Serikat – Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah meminta Mahkamah Agung untuk menangguhkan keputusan pengadilan yang lebih rendah, karena ia tidak memiliki kekebalan hukum sebagai presiden dari penuntutan.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dia mengklaim bahwa kasus campur tangan pemilu, tidak dapat diadili atas tindakan yang dilakukan sebagai presiden.

Tiga wakil pengadilan rendah tidak setuju dan memutuskan bahwa ia dapat dituntut seperti warga negara lainnya.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Mantan Presiden AS Donald Trump di Georgia, AS

Photo :
  • AP Photo/Alex Brandon

Namun. Pengacara Donald Trump mengatakan ia tidak boleh diadili selama kampanye pemilu.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Dilansir dari BBC, Selasa 13 Februari 2024, “Melakukan persidangan pidana selama berbulan-bulan terhadap Presiden Trump  pada puncak musim pemilu akan secara radikal mengganggu kemampuan Trump untuk berkampanye melawan Presiden Biden,” tulis pengacara Trump dalam pengajuannya.

Mahkamah Agung sekarang akan memutuskan, apakah akan mempertahankan keputusan tersebut dan mengizinkan Trump untuk mengajukan banding.

mengabulkan permintaan tersebut, akan menyebabkan penundaan yang lama dalam kasus pidana penting yang menuduh. Trump berencana untuk membatalkan pemilihan 2020 secara ilegal, mungkin sampai setelah pemilihan November.

Namun, jika Mahkamah Agung menolak untuk menunda keputusan tersebut, pengadilan federal yang diawasi oleh Hakim Tanya Chutkan akan dijadwalkan, kemungkinan besar pada musim semi.

Saat Trump bersaing untuk Gedung Putih, ia menghadapi tiga persidangan pidana lainnya selain yang satu ini.

Dia menghadapi dakwaan di Georgia karena diduga berusaha membatalkan hasil pemilu 2020 di negara bagian tersebut dan tujuh dakwaan di Florida atas penanganan dokumen rahasia setelah dia meninggalkan Gedung Putih.

Dakwaan ketiga, berkaitan dengan dugaan penyembunyian pembayaran kepada bintang film dewasa Stormy Daniels. Dia telah menyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan tersebut.

Tim hukum Trump juga telah berulang kali berusaha untuk menunda persidangan pidananya hingga setelah pemilu 2024.

Dalam persidangan campur tangan pemilu federal, Trump didakwa dengan empat dakwaan: konspirasi untuk menipu AS, konspirasi untuk menghalangi proses resmi, menghalangi proses dan konspirasi terhadap hak-hak warga negara.

Dia telah berulang kali membantah melakukan kesalahan apa pun, dan para pengacaranya berargumen bahwa presiden kebal terhadap penuntutan atas kemungkinan kejahatan yang dilakukan ketika mereka masih menjabat, bahkan setelah mereka meninggalkan Gedung Putih.

Pekan lalu, argumen ini ditolak oleh panel tiga hakim pengadilan Sirkuit D.C., yang terdiri dari satu hakim dari Partai Republik dan dua hakim dari Partai Demokrat, yang memutuskan bahwa kekebalan eksekutif apa pun yang mungkin melindunginya selama menjadi presiden tidak lagi melindunginya dari penuntutan ini.

Sekarang, pengacara Trump meminta Mahkamah Agung untuk mempertimbangkan dengan tetap mempertahankan keputusan pengadilan yang lebih rendah untuk memberikan waktu bagi semua hakim yang aktif di pengadilan DC Circuit untuk meninjau kasus ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya