Empat WN Korea Selatan Meninggal Karena Bantu Perang di Ukraina

Perang Rusia-Ukraina: Truk tentara Rusia terlihat di Ukraina Timur
Perang Rusia-Ukraina: Truk tentara Rusia terlihat di Ukraina Timur
Sumber :
  • AP Photo

VIVA – Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyebut pada Sabtu 18 Juni 2022, ada warga negara mereka  yang meninggal setelah ikut membantu perang di Ukraina.

Korea Selatan memastikan kebenaran dari data Kementerian Pertahanan Rusia, yang menunjukkan empat warga negara Korea Selatan yang secara sukarela berperang bersama pasukan Ukraina, telah tewas.

"Kami mengetahui data Kementerian Pertahanan Rusia. Kami telah memerintahkan kedutaan Korea Selatan di Rusia untuk mengidentifikasi fakta," kata seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri.

Melansir dari The Korea Times, Minggu 19 Juni 2022, sebelumnya Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan data sukarelawan militer asing dalam perangnya melawan Ukraina.

Data tersebut memperlihatkan, 13 warga Korea Selatan memasuki Ukraina untuk membantu melawan invasi Rusia. Diantara mereka empat tewas selama pertempuran, delapan lainnya meninggalkan Ukraina, dan satu masih di negara itu. Selain angka tersebut, Rusia tidak mengungkapkan informasi lain seperti nama mereka.

Pada bulan April 2022, Kementerian Luar Negeri memperoleh intelijen dari negara-negara terkait bahwa ada kematian di antara warga negaranya yang berpartisipasi sebagai tentara sukarelawan dalam perang Ukraina, dan mencoba mengkonfirmasi kebenarannya.

Sejak pertengahan Februari lalu, Korea Selatan melarang warganya bepergian ke negara itu tanpa izin dari pemerintah.