Kebakaran Hutan Melanda Spanyol dan Jerman tengah

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Arraiza, utara Spanyol.
Sumber :
  • AP Photo/Sergio Martin.

VIVA – Petugas pemadam kebakaran di Spanyol dan Jerman tengah berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan, pada hari Minggu 19 Juni 2022, akibat gelombang panas yang tidak biasa di Eropa Barat.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Kerusakan terburuk terjadi di Spanyol di provinsi barat laut Zamora. Lebih dari 30.000 hektare telah dilahap api, kata otoritas regional. Kebakaran menyebabkan 18 desa dievakuasi.

Sementara pejabat Jerman mengatakan bahwa penduduk dari tiga desa di dekat Berlin telah diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka, karena api mendekati pemukiman.

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Kebarakan Arraiza, utara Spanyol.

Photo :
  • AP Photo/Sergio Martin.

Dilansir AP, Senin 20 Juni 2022, pihak berwenang Spanyol mengatakan bahwa setelah tiga hari suhu tinggi, angin kencang, dan kelembaban rendah, dengan penurunan suhu pada Minggu pagi. Hal itu memungkinkan sekitar 650 petugas pemadam kebakaran, yang didukung oleh pesawat pelontar air, membangun perimeter di sekitar api yang dimulai di Sierra de la Culebra di Zamora. Pihak berwenang memperingatkan masih ada bahaya bahwa perubahan cuaca yang tidak menguntungkan dapat menghidupkan kembali kobaran api.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Para ahli menghubungkan periode panas yang tidak normal di Eropa dengan perubahan iklim. Suhu telah meningkat di atas 40 C (104 F) di banyak kota di Spanyol sepanjang minggu. 

Jerman juga telah mengalami kebakaran hutan dalam beberapa hari terakhir, setelah periode panas yang hebat dan sedikit hujan. Badan cuaca nasional negara itu mengatakan merkuri mencapai 39,2 C (102,6 F) di kota-kota timur Dresden dan Cottbus pada hari Minggu.

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Arraiza, utara Spanyol.

Photo :
  • AP Photo/Miguel Oses.

Angin kencang telah mengipasi api di dekat kota Treuenbrietzen, sekitar 50 kilometer (31 mil) barat daya Berlin, mendorong para pejabat untuk memerintahkan tiga desa dievakuasi hari Minggu. Sekitar 600 orang di Frohnsdorf, Tiefenbrunnen dan Klausdorf diberitahu untuk segera mencari perlindungan di pusat komunitas.

Lebih dari 1.400 petugas pemadam kebakaran, tentara, dan pakar pertahanan sipil dikerahkan untuk mengatasi kobaran api. Para pejabat berharap badai petir yang bergerak dari barat akan membantu memadamkan api.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya