Banjir Besar Bangladesh Meluap ke Wilayah India, 62 Orang Tewas

Banjir parah di Bangladesh
Banjir parah di Bangladesh
Sumber :
  • AP Photo/Pavel Rahman)

VIVA – Banjir parah melanda Bangladesh. Menteri Penanggulangan Bencana Bangladesh Enamur Rahman mengatakan bahwa empat juta orang terkena dampak banjir yang terjadi di timur laut Bangladesh. Sementara itu, wilayah India timur juga terkena dampak dari banjir tersebut.

Rahman mengatakan kepada CNN Amerika pada Minggu 19 Juni 2022 bahwa setidaknya dua orang tewas akibat banjir di Bangladesh. 

Laporan kantor berita menunjukkan jumlah korban jauh lebih tinggi, dan 25 kematian selama akhir pekan, menurut laporan pejabat setempat.

"Kurangnya layanan telekomunikasi telah mempersulit untuk menilai sepenuhnya tingkat kerusakan, terutama di distrik-distrik yang terkena dampak parah di Sylhet dan Sunamganj," kata Rahman pada Selasa 21 Juni 2022.

Dia mencatat bahwa 90 persen dari Distrik Sunamganj berada di bawah air dan hampir seluruhnya terputus dari bagian lain negara itu.

Hampir enam juta orang telah mengungsi akibat banjir, kantor berita Bangladesh Sangbad Sangstha (BSS) melaporkan pada Sabtu 18 Juni 2022.

"Masyarakat Bulan Sabit Merah Bangladesh berencana untuk membantu upaya pemukiman kembali dan akan memberikan bantuan tunai kepada keluarga yang terkena dampak banjir," tulis organisasi itu di Twitter pada Sabtu malam.