Presiden Jokowi Berkunjung ke Ukraina Melalui Polandia

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi.
Sumber :
  • Tangkapan layar zoom meeting

VIVA – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam keterangannya pada Senin 27 Juni 2022, menuturkan setelah KTT G7 yang berlangsung di Jerman, Presiden Joko Widodo akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia, kemudia ke Rusia.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Dalam rangka kunjungan Presiden Jokowi ke kedua negara yang berseteru itu, Retno melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak.

“Tentunya komunikasi terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri,” kata Retno dalam keterangannya yang diunggah pada media sosial (medsos) Youtube Kemlu RI pada Selasa 28 Juni 2022.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Presiden Jokowi dan Presiden AS Joe Biden di KTT G7, Jerman

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Selain itu, komunikasi lain juga dilakukan oleh Retno dengan Palang Merah Internasional, UNOCHA Martin Griffiths, Sekjen UNCTAD Rebeca Grynspan, Menlu Turki dan Sekjen PBB.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Sebelumnya Retno mengonfirmasi kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia dan Ukraina pada Rabu, 22 Juni 2022.

“Bapak Presiden Jokowi akan berkunjung ke Kiev dan Moskow, kunjungan berlangsung dalam situasi yang tidak normal (perang di Ukraina),” kata Retno saat konferensi pers melalui Zoom Meeting.

Retno menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Jokowi merupakan langkah untuk berkontribusi dalam mengatasi krisis yang ada, termasuk krisis pangan.

“Kunjungan ini Presiden Jokowi mencoba untuk berkontribusi dalam krisis pangan dan mendorong perdamaian,” ujarnya.

Mengenai kapan tanggal yang pasti Jokowi akan berkunjung ke kedua negara tersebut, Retno tidak memberikan rincian yang pasti. Tetapi dia berharap bahwa konflik yang terjadi di Ukraina dan Rusia dapat terselesaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya