Geng Narkoba Serang Pusat Rehabilitasi di Meksiko, 6 Orang Tewas

Penangkapan anggota kartel narkoba Meksiko. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Orang-orang bersenjata yang merupakan geng narkoba menembak mati lima pria dan satu wanita di pusat rehabilitasi narkoba yang dikelola swasta di Meksiko barat, kata pihak berwenang, pada Senin, 25 Juli 2022.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Kantor kejaksaan di negara bagian barat Jalisco mengatakan serangan itu terjadi sekitar tengah malam di Tlaquepaque, pinggiran ibu kota negara bagian Guadalajara. Jalisco adalah rumah bagi kartel narkoba dengan nama yang sama, dan selama bertahun-tahun kekerasan terjadi antara faksi-faksi saingan kartel di Guadalajara.

ilustrasi narkoba

Photo :
  • U-Report
Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Melansir dari AP, Selasa, 26 Juli 2022, kantor tersebut mengatakan bahwa beberapa orang terlibat dalam serangan itu, tetapi tidak memberikan informasi mengenai motif penembakan. Geng narkoba di Meksiko telah menyerang pusat rehabilitasi di masa lalu, biasanya untuk membunuh pengguna narkoba atau pengedar yang bersekutu dengan geng saingan.

Pada tahun 2020, di negara bagian Guanajuato, orang-orang bersenjata membunuh 27 orang di sebuah pusat rehabilitasi. Meksiko telah lama memiliki masalah dengan pusat rehabilitasi karena sebagian besar dikelola secara pribadi, kekurangan dana dan sering melakukan pelanggaran terhadap pecandu yang sedang dalam pemulihan.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Pemerintah Meksiko juga menghabiskan uang yang relatif sedikit untuk rehabilitasi. Pusat-pusat yang tidak terdaftar sebagai satu-satunya pilihan yang tersedia bagi keluarga miskin.

Selain itu, pecandu dan pengedar yang menghadapi serangan dari saingan di jalanan terkadang berlindung di klinik rehab, dan akhirnya membuat klinik itu sendiri menjadi sasaran serangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya