AS Tawarkan Kesepakatan Dengan Rusia untuk Bebaskan Tahanan Amerika

Brittney Griner.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Amerika Serikat (AS) telah membuat proposal substansial ke Rusia untuk membebaskan warga negara Amerika yang ditahan, termasuk bintang bola basket Brittney Griner, kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, pada Rabu, 27 Juli 2022.

Jeep Compass Generasi Terbaru Mulai Debut Tahun Ini

Kesepakatan yang diajukan AS ini diumumkan saat dia akan berbicara dengan mitranya di Moskow untuk pertama kalinya sejak perang Ukraina.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken.

Photo :
  • AP-Yonhap
Dua Penerbang Tempur TNI AU Berhasil Lulus Pendidikan Squadron Officer School di Negeri Paman Sam

Blinken mengatakan dia mengharapkan panggilan telepon dalam beberapa hari mendatang dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada tawaran untuk membebaskan mantan Marinir Paul Whelan serta Griner, yang telah membawa obat terlarang secara tidak sengaja.

"Pasangan itu telah ditahan secara salah dan harus diizinkan pulang," kata Blinken kepada wartawan, dikutip dari NDTV, Kamis, 28 Juli 2022.

BNN RI Akhiri Lawatan Kerja di USA dengan Mengunjungi Pos Lintas Batas Ysleta El Paso

"Kami mengajukan proposal substansial di atas meja minggu lalu untuk memfasilitasi pembebasan mereka. Pemerintah kami telah berkomunikasi berulang kali dan langsung mengenai proposal itu, dan saya akan menggunakan percakapan untuk menindaklanjuti secara pribadi," katanya.

Mengutip sensitifitasnya, Blinken menolak untuk merinci atau mengkonfirmasi laporan bahwa AS menawarkan untuk menukarnya dengan Viktor Bout, seorang terpidana penyelundup senjata Rusia. Amerika Serikat dan Rusia telah terlibat dalam pertukaran satu tahanan di tengah panasnya perang Ukraina.

Pada bulan April Washington menukar mantan Marinir AS, Trevor Reed, dengan penyelundup obat terlarang Konstantin Yaroshenko. Presiden AS Joe Biden telah menghadapi tekanan yang semakin besar untuk membebaskan Griner, yang menghadapi hukuman 10 tahun penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya