Taiwan Kerahkan Jet Tempur Usir 27 Pesawat China dari Wilayahnya

VIVA Militer: Jet tempur Dassault Mirage 2000 Angkatan Udara Taiwan
Sumber :
  • channelnewsasia.com

VIVA Dunia – Taiwan mengerahkan jet tempur, pada Rabu 3 Agustus 2022, untuk mengusir 27 pesawat China di zona pertahanan udaranya, kata kementerian pertahanan pulau itu. Dia juga menambahkan bahwa 22 pesawat China di antaranya melintasi garis tengah yang memisahkan Taiwan dari China. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dilansir dari CNA, China telah mengerahkan pesawat militernya ke dekat wilayah Taiwan untuk menunjukkan kemarahannya atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke pulau itu. Kunjungan Pelosi merupakan kunjungan pejabat pemerintahan tertinggi AS ke pulau itu dalam 25 tahun. 

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, tiba ke Taiwan, Selasa malam 2 Agustus 2022.

Photo :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri Taiwan.
Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Merespons kunjungan Pelosi, China menggelar latihan militer di sekitar Taiwan, memanggil duta besar AS di Beijing, dan menghentikan beberapa impor pertanian dari pulau itu.

Dalam ketegangan geopolitik terbaru di Selat Taiwan, pulau dengan pemerintahan sendiri itu mengatakan telah mengirim pesawat dan mengerahkan sistem rudal untuk "memantau" aktivitas China ke zona identifikasi pertahanan udara, atau ADIZ.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Taiwan, yang diklaim China, dalam beberapa tahun ini telah mengeluh tentang aktivitas angkatan udara China di dekat wilayahnya, seringkali di bagian barat daya ADIZ. Misi China terbaru termasuk 16 pesawat tempur Su-30 China dan 11 jet lainnya, kata kementerian pertahanan Taiwan.

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Photo :
  • cnbc.com

Sebelumnya pada hari Rabu, Taiwan mengatakan beberapa latihan militer yang direncanakan China minggu ini akan berlangsung di wilayah laut dan udara 12 mil laut Taiwan, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang digambarkan oleh seorang pejabat senior pertahanan sebagai "sejumlah blokade laut dan udara Taiwan".

China telah meningkatkan tekanan militer dan politik untuk mencoba dan memaksa pulau itu untuk menerima kekuasaan China. Taiwan menolak klaim China atas pulau itu dan bersumpah untuk membela diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya