Senat AS Setujui Keanggotaan NATO Swedia dan Finlandia

Senat Amerika Serikat.
Sumber :
  • Anadolu Agency.

VIVA Dunia – Senat Amerika Serikat (AS) menyetujui keanggotaan Swedia dan Finlandia ke dalam Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO), pada Rabu, 3 Agustus 2022, dengan perolehan suara 95-1. Hal ini mengirimkan pesan dukungan bipartisan yang kuat untuk memperluas aliansi Barat melawan Rusia.

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

"Pemungutan suara NATO adalah suara yang sangat penting untuk keamanan Amerika di seluruh dunia, keanggotaan Finlandia dan Swedia akan memperkuat NATO lebih jauh, dan lebih mendesak mengingat agresi Rusia, dan mengingat perang tidak bermoral, serta tindakan tidak adil Putin di Ukraina.  Putin memperkuat aliansi NATO,” kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, seorang Demokrat New York.

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)

Photo :
  • atlanticcouncil.org
Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

AS adalah salah satu dari 30 negara anggota NATO yang harus menyetujui penerimaan Swedia dan Finlandia ke dalam organisasi berusia lebih dari 70 tahun, yang telah menjamin keamanan Eropa sejak Perang Dunia II.

Proses yang biasanya panjang untuk masuk ke dalam anggota tersebut, telah dilacak dengan cepat di Senat AS sebagai bagian dari tanggapan yang kuat terhadap invasi Rusia ke Ukraina awal tahun ini.

Tegas! Putin Langsung Pecat Wakil Menteri Pertahanan yang Terjerat Kasus Korupsi

Teguran keras terhadap Rusia

Sebelum pemungutan suara, Ketua Komite Hubungan Luar Negeri AS, Bob Menendez, mengatakan pemungutan suara di Senat akan mengirimkan teguran keras terhadap agresi Rusia di Ukraina.

"Pemungutan suara akan mengirimkan sinyal ke dunia bahwa kita akan bersatu melawan aktor-aktor yang berusaha mengacaukan pasokan makanan yang mengancam kelaparan jutaan orang di seluruh dunia, yang berusaha mempersenjatai energi di tengah gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dan siapa yang mengira mereka bisa menyerang tetangga tanpa konsekuensi," kata Demokrat New Jersey itu, dikutip dari VOA, Kamis, 4 Agustus 2022.

Tetapi Senator Republik Josh Hawley, yang memberikan satu-satunya suara menentang ratifikasi, mengatakan persetujuan itu tidak untuk kepentingan kebijakan luar negeri AS.

“Saya khawatir beberapa orang di kota ini telah melupakan hal itu. Mereka berpikir kebijakan luar negeri Amerika adalah tentang menciptakan tatanan dunia liberal atau pembangunan bangsa di luar negeri.”

“Dengan segala hormat, mereka salah.  Saat Anda membayar ini, Anda seharusnya melindungi Amerika Serikat, kebebasan kita, rakyat kita, cara hidup kita. Dan memperluas NATO, saya yakin tidak akan melakukan itu,” tutur Hawley.

Gedung kongres Amerika Serikat, Capitol.

Photo :
  • britannica.com

Republikan Missouri itu berpendapat AS tidak mampu untuk fokus pada ancaman keamanan di Asia dan Eropa, dan dia menyarankan sekutu Eropa harus membayar lebih untuk pertahanan mereka sendiri.

“Kita harus memprioritaskan, fokus, dan kita harus berbuat lebih sedikit di Eropa, untuk memprioritaskan kepentingan keamanan nasional Amerika yang paling mendesak di Asia terkait dengan China,” kata Hawley.

Senator Rand Paul berusaha memasukkan amandemen yang memastikan jaminan pertahanan NATO tidak menggantikan kemampuan Kongres sendiri untuk mengizinkan penggunaan kekuatan militer. 

Sementara itu, Partai Republik Kentucky memilih hadir untuk mengizinkan Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO.

Sebuah amandemen yang ditawarkan oleh Senator Dan Sullivan, yang menyatakan bahwa Swedia dan Finlandia harus membelanjakan setidaknya 2 persen dari PDB tahunan mereka untuk pertahanan militer, sejalan dengan perjanjian 2006 antara anggota NATO yang dinilai berhasil.

Namun mayoritas Senat Republik memilih mendukung pengakuan tersebut, dengan Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell dari Kentucky, dan memperingatkan anggota kaukusnya sebelum pemungutan suara untuk tidak merusak perjanjian bipartisan tentang mengakui Swedia dan Finlandia.

“Jika ada senator yang mencari alasan yang dapat dipertahankan untuk memilih 'tidak', saya berharap mereka beruntung. Ini adalah slam dunk untuk keamanan nasional yang layak mendapat dukungan bipartisan dengan suara bulat, ” kata McConnell.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya