Uni Eropa Peringatkan China yang Gertak Taiwan dengan Tembakan Senjata

Proyektil ditembakkan dari wilayah China tak disebutkan ke arah Selat Taiwan
Sumber :
  • CCTV via AP

VIVA Dunia – Kepala diplomatik Uni Eropa pada Kamis, 4 Agustus 2022 mengutuk rencana lanjutan latihan militer China di sekitar wilayah Taiwan. Selain itu diketahui bahwa China juga beberapa kali menembakkan senjata dan latihan militer di seberang Taiwan. Uni Eropa mengatakan kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan itu tidak menjadi pembenaran bagi China untuk menggertak-gertak Taiwan.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

“Tidak ada pembenaran untuk menggunakan kunjungan sebagai dalih untuk aktivitas militer yang agresif di Selat Taiwan. Adalah normal dan rutin bagi legislator dari negara kami untuk melakukan perjalanan internasional,” kata Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri Josep Borrell dikutip dari NDTV, Kamis, 4 Agustus 2022.

Borrell mengatakan hal tersebut saat berada di Phnom Penh, Kamboja di mana dia sedang mengadakan pembicaraan dengan para menteri luar negeri negara-negara ASEAN.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Ketua DPR AS Nancy Pelosi memberi salam pada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Photo :
  • Taiwan Presidential Office via AP

China memulai latihan militer di sekitar pulau utama Taiwan pada Kamis siang. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa China telah meluncurkan beberapa rudal balistik Dongfeng ke perairan sekitar timur laut dan barat daya Taiwan.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Peluncuran rudal tersebut dilakukan sekitar pukul 13.56 waktu setempat.

Mengenai kunjungan Pelosi yang membuat China semakin geram, Menteri Luar Negeri China Wang Yi sampai membatalkan pertemuan bilateral dengan mitranya dari Jepang Yoshimasa Hayashi.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi, tengah, muncul di panggung pada pertemuan Men

Photo :
  • AP PHOTO/LEON LORD

Pembatalan tersebut terkait respons negara anggota G7 yang juga menentang China melakukan latihan militer sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi.

Sementara itu dalam sebuah pernyataan Nancy Pelosi terkait kunjungannya ke Taiwan, dia mengatakan bahwa China tidak bisa mencegah para pemimpin dunia atau siapa pun untuk mengunjungi negara itu. China kata Pelosi seharusnya memiliki rasa hormat terhadap negara pulau kecil tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya