66 Jet Tempur China Seliweran Dekat Taiwan, Isi Bahan Bakar di Udara

Jet tempur China dikomandoi PLA mengisi bahan bakar di udara dekat Taiwan
Sumber :
  • Xinhua via AP

VIVA Dunia – Taiwan mengatakan bahwa China menggunakan 66 pesawat dan 14 kapal perang dalam latihan militernya pada Minggu, 7 Agustus 2022.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Melansir dari The Guardian, Selasa, 9 Agustus 2022, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan telah mendeteksi 66 pesawat Angkatan Udara China dan 14 kapal perang China yang melakukan kegiatan di dalam dan sekitar selat Taiwan.

Latihan militer pada Kamis, 4 Agustus 2022, melibatkan penembakan langsung 11 rudal. Sementara itu pada hari Jumat, 5 Agustus 2022, ada 68 pesawat China yang dilaporkan melakukan pendekatan wilayah dengan 49 pesawat memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Pilot militer China terbang di atas udara dekat selat Taiwan dirilis foto Xinhua

Photo :
  • Wang Xinchao/Xinhua via AP

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan 14 kapal dan 20 pesawat aktif pada Sabtu, 6 Agustus 2022, dengan 14 pesawat Beijing melintasi garis tengah yang telah bertindak sebagai pembatas tidak resmi wilayah de facto Taiwan. Bahkan China juga sempat merilis foto-foto jet tempur canggihnya yang sedang mengisi bahan bakar di udara.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Menanggapi latihan militer China yang terus mengancam kepulauan itu, Taiwan juga memulai latihan artileri tembakan langsung pada hari Selasa. Latihan ini mencakup pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 howitzer.

Latihan tersebut menyimulasikan pertahanan pulau itu dari serangan besar-besaran China selama beberapa hari.

Jet Mirage milik tentara Taiwan mendarat di Pangkalan Udara Hsinchu

Photo :
  • Wang Xinchao/Xinhua via AP

China meluncurkan latihan perang terbesarnya di sekitar Taiwan pada pekan lalu, terkait kunjungan nekat dari Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Selama kunjungan Nancy Pelosi, Taiwan hidup bak di bawah gertakan dan ancaman invasi terus-menerus oleh China. Selama ini Tiongkok memang memandang kepulauan itu sebagai bagian dari wilayahnya yang suatu hari nanti bisa diambil kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya