Latihan Militer China Selesai, Tapi Patroli di Selat Taiwan Berlanjut

Pilot militer China terbang di atas udara dekat selat Taiwan dirilis foto Xinhua
Pilot militer China terbang di atas udara dekat selat Taiwan dirilis foto Xinhua
Sumber :
  • Wang Xinchao/Xinhua via AP

VIVA Dunia – China mengatakan telah menyelesaikan hampir satu minggu latihan militer di sekitar Taiwan, menyusul kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi, ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Melansir dari BBC, Kamis, 11 Agustus 2022, operasi laut dan udara berhasil, kata militer China. Mereka juga berjanji untuk terus berpatroli di Selat Taiwan.

Perjalanan singkat Pelosi membuat marah Beijing, yang memandang Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri untuk dipersatukan kembali dengan paksa jika perlu. Taiwan menuduh China menggunakan latihan itu sebagai latihan untuk invasi.

Tentara Militer China gunakan teropong, kejauhan tampak  frigate Lan Yang Taiwan

Tentara Militer China gunakan teropong, kejauhan tampak frigate Lan Yang Taiwan

Photo :
  • Lin Jian/Xinhua via AP

Pemerintah pulau itu menolak klaim kedaulatan China dan menganggap dirinya berbeda dari daratan China. Itu sebabnya, Beijing berusaha mengisolasi pulau itu secara internasional.

Pelosi merupakan pejabat tertinggi AS yang mendarat di Taiwan sejak 1990-an, dan menentang peringatan China untuk tidak berkunjung pekan lalu, sehingga ketegangan melonjak. China menggelar empat hari latihan tembak-menembak diikuti oleh serangan anti-kapal selam dan latihan serangan laut sebagai bagian dari tanggapan marah atas kunjungan Pelosi.

Patroli kesiapan tempur