Ternyata Ini yang Dicari FBI di Rumah Donald Trump

Mantan Presiden AS Donald Trump.
Mantan Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • Twitter

VIVA Dunia – Agen federal Amerika Serikat (AS) sedang mencari dokumen yang berkaitan dengan senjata nuklir, saat mereka menggerebek rumah mantan Presiden AS Donald Trump di Florida minggu ini.

Melansir dari The Korea Times, Jumat, 11 Agustus 2022, sejauh ini masih tidak jelas apakah dokumen tersebut ditemukan di resor Mar-a-Lago, rumah mantan presiden AS di Palm Beach.

Departemen Kehakiman AS meminta seorang hakim pada Kamis, 11 Agustus 2022, untuk mengumumkan surat perintah yang mengizinkan penggeledahan FBI terhadap Mar-a-Lago. Trump menuding penggeledahan rumahnya sebagai pembalasan politik. Penggeledahan rumah mantan presiden AS belum pernah terjadi sebelumnya.

Paspampres di kediamana Donald Trump di Mar-a-Lago estate usai digeledah FBI

Paspampres di kediamana Donald Trump di Mar-a-Lago estate usai digeledah FBI

Photo :
  • AP Photo/Terry Renna

Langkah itu adalah bagian dari penyelidikan apakah Trump secara ilegal menghapus catatan dari Gedung Putih saat ia meninggalkan kantor pada Januari 2021.

Jaksa Agung, Merrick Garland, yang ditunjuk oleh Presiden AS Joe Biden, mengatakan pada konferensi pers bahwa dia secara pribadi telah menyetujui pencarian dokumen tersebut. Departemen Kehakiman juga berusaha untuk mempublikasikan tanda terima yang telah diedit dari barang-barang yang disita.

"Departemen tidak mengambil keputusan seperti itu dengan enteng. Jika memungkinkan, merupakan praktik standar untuk mencari cara yang tidak terlalu mengganggu sebagai alternatif pencarian, dan untuk mempersempit cakupan pencarian yang dilakukan," kata Garland.