Di China, Nelayan sampai Ikan dan Udang Tangkapannya Dites COVID

Warga di China saat melakukan swab tes COVID-19
Warga di China saat melakukan swab tes COVID-19
Sumber :
  • AP Photo/Ng Han Guan

VIVA Dunia – Otoritas di sebuah kota pesisir di China memerintahkan tes swab COVID-19 tidak hanya pada para nelayan namun juga pada hasil tangkapan mereka dari makanan laut hidup, seperti ikan, kepiting dan udang.

Sesuai dengan komitmen negara untuk strategi nol COVID-19 pejabat di Xiamen mengatakan tangkapan ikan harus diuji dengan pengujian asam nukleat juga serupa dengan semua orang di kota itu.

Menurut seorang pejabat Biro Pengembangan Kelautan Kota Xiamen, perlu dilakukan tes swab baik nelayan dan hasil tangkapan mereka, setelah mereka tiba di pantai setiap hari, menurut laporan South China Morning Post.

Aktivitas analis tes COVID-19 di Beijing, China pada Agustus 2022

Aktivitas analis tes COVID-19 di Beijing, China pada Agustus 2022

Photo :
  • AP Photo/Mark Schiefelbein

"Kami menguji manusia serta hasil tangkapan mereka pada saat yang sama, pada uji sampel untuk batch makanan laut yang sama," kata seorang pejabat dikutip dari Independent, Jumat, 19 Agustus 2022.

Visual petugas medis yang mengenakan jas hazmat dan mengumpulkan sampel dari mulut ikan hidup untuk tes COVID-19 disiarkan di saluran berita dan menjadi viral di media sosial pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Laporan TV tentang pekerja yang menguji ikan dan menyeka bagian bawah kepiting serta udang menjadi bahan ejekan dari beberapa orang di media sosial, yang mencap pihak berwenang kurang logika dan berada pada tingkat kegilaan.

Halaman Selanjutnya
img_title