Mengapa Sangat Mungkin bagi Indonesia Beli Minyak Murah Rusia

Kilang minyak Rusia di Usinsk
Sumber :
  • AP Photo/Dmitry Lovetsky

VIVA Dunia – Pemasukan negaranya dari jual minyak dan gas membuat Rusia harus putar otak untuk memulihkan ekonomi akibat sanksi yang dijatuhkan oleh beberapa negara terutama negara Barat.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Diketahui karena itu Rusia menawarkan minyak murah ke sejumlah negara. Selain ke Sri Lanka yang sudah dipastikan membeli minyak mentah murah itu, Indonesia juga termasuk yang ditawari minyak murah oleh Rusia.

Lalu, apakah Indonesia berminat untuk membeli minyak tersebut dari Rusia?

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Ladang minyak di Pulau Sakhalin, Rusia.

Photo :
  • Istimewa

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PKB Nasim Khan menanggapi adanya tawaran minyak murah dari Rusia.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Dia mengungkapkan bahwa tidak masalah jika pemerintah Indonesia berminat untuk membeli minyak mentah yang dijual oleh Rusia.

Rusia dan Ukraina di bawah pengawasan PBB teken kesepakatan pengiriman gandum

Photo :
  • ANTARA/Xinhua/aa

"Rusia juga menawarkan minyak mentah pada kita bermacam crudes dan lain-lain. Dia (Rusia) sih yang memfasilitasi, dia juga yang membuka diri pada bangsa Indonesia," katanya saat dikonfirmasi, dikutip dari tvonenews, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Anggota DPR itu menyebut bahwa jika minyak mentah yang ditawarkan oleh Rusia itu berkualitas baik maka masuk akal jika pemerintah Indonesia membelinya.

Meski demikian Nasim mengatakan bahwa bagaimanapun akan ada dampak bagi kondisi politik internasional Indonesia, jika Pemerintah menyetujui pembelian minyak tersebut.

"Tetapi ya mungkin akan ada tekanan dari politis negara-negara Barat. Sehingga hal-hal itu akan mengganggu terhadap kondisi politik internasional kita," kata dia.

Selain itu sejauh ini disebut bahwa pemerintah Indonesia dan Pertamina juga menanggapi tawaran Rusia itu dengan respons yang cukup positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya