Jejak Kaki Dinosaurus Berumur 113 Juta Tahun Muncul di Texas

Jejak kaki dinosaurus yang berusia lebih dari 113 juta tahun tersingkap akibat kekeringan di Lembah Dinosaurus di dekat Fort Worth, Texas.
Sumber :
  • Dinosaur Valley State Park.

VIVA Dunia – Musim panas dan kekeringan telah menyingkapkan jejak-jejak peninggalan hewan purba yang berada di belahan dunia. Sebuah taman di Texas diklaim memiliki jejak dari kaki dinosaurus yang berusia lebih dari 113 juta tahun.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Taman Negara Bagian Lembah Dinosaurus di dekat Fort Worth, Texas, yang terkenal persis seperti namanya, telah menemukan jejak kaki dinosaurus yang secara historis tertutup oleh air dan sedimen. Musim panas dan kekeringan telah membuat Sungai Paluxy menyusut, dan menguak adanya jejak dari jutaan tahun yang lalu, yang dapat dilihat.

Jeff Davis, pengawas taman, mengatakan kepada ABC News bahwa situs Taylor, tempat jejak kaki dinosaurus ditemukan adalah salah satu bagian taman yang paling menakjubkan musim panas ini. Davis mengatakan jejak di situs ini mungkin merupakan jejak terpanjang yang dibuat oleh satu dinosaurus di Amerika Utara.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Jejak kaki dinosaurus yang berusia lebih dari 113 juta tahun tersingkap akibat kekeringan di Lembah Dinosaurus di dekat Fort Worth, Texas.

Photo :
  • Dinosaur Valley State Park.

Davis mengatakan jejak itu berasal dari dinosaurus Acrocanthosaurus dari jutaan tahun lalu. Namun, saat Texas mulai diguyur hujan, Davis mengatakan kemungkinan tidak akan lama jejak dinosaurus itu kembali tersembunyi.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"Itu hanya berdasarkan sifat sungai," kata Davis, dikutip dari ABC News, Selasa, 30 Agustus 2022.

Jejak ini belum terlihat setidaknya dalam 20 tahun, kata Davis, biasanya jejak kaki dinosaurus yang berbeda terlihat, dan menghilang di seluruh taman berdasarkan cuaca. Karena kekeringan, banyak dari jejak ini yang dapat dilihat oleh mata dan lebih mudah diakses, katanya.

Di seberang taman dari situs Taylor, Davis mengatakan situs Denio telah dibersihkan selama kekeringan. Di situs ini, jejak Sauroposeidon juga terlihat. Davis mengatakan waktu optimal untuk melihat jejak dinosaurus di taman bervariasi dari tahun ke tahun. 

Jejak berusia ratusan tahun

Jejak kaki dinosaurus yang berusia lebih dari 113 juta tahun tersingkap akibat kekeringan di Lembah Dinosaurus di dekat Fort Worth, Texas.

Photo :
  • Dinosaur Valley State Park.

Davis juga mengungkapkan taman itu mendorong pengunjung datang di musim semi dan musim gugur, ketika cuaca sedikit lebih dingin, dan lebih aman berada di luar daripada di musim panas.

Dia menjelaskan mengalirkan sungai melalui taman dapat membuat jejak tidak terlihat, tetapi juga dapat memastikan pelestariannya dalam beberapa hal.

"Sungailah yang akan membawa lumpur dan sedimen. Itulah yang melestarikannya, itulah sebabnya mereka masih ada di sini setelah 113 juta tahun atau lebih," kata Davis.

Karena itu, Davis mengatakan bahwa taman itu akan meninggalkan beberapa jejak dinosaurus yang sengaja ditutup, untuk melestarikannya di masa depan. Dalam kasus lain, penjaga taman atau kru sukarelawan akan menggunakan metode yang aman untuk membersihkan jalur yang pernah dilewati hewan purba ribuan tahun yang lalu itu.

Davis mengatakan kru akan menggunakan kombinasi sedikit air, blower daun dan sapu untuk membersihkan jejaknya. Dengan begitu, kru bisa menyendok sedimen dan bebatuan tanpa merusak peninggalan bersejarah itu.

Dengan trek yang sangat terlihat sekarang, Davis mengatakan ada banyak hal yang bisa dilihat di taman. "Dinosaurus Valley State Park memiliki jejak dinosaurus kelas dunia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya