Topan Kuat Menghantam Korea Selatan, Ribuan Orang Terpaksa Mengungsi

Topan Hinnamnor menghancurkan gedung di Ulsan, Korea Selatan.
Sumber :
  • Kim Yong-tai/Yonhap via AP.

VIVA Dunia – Topan kuat menghantam wilayah selatan Korea Selatan, pada Selasa 6 September 2022. Topan membawa hujan deras, menghancurkan jalan, dan meruntuhkan saluran listrik, menyebabkan 20.000 rumah tanpa listrik. 

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23

Dilaporkan AP, ribuan orang pun terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pejabat Korea Selatan memberikan peringatan waspada tentang potensi kerusakan akibat banjir, tanah longsor dan gelombang pasang yang ditimbulkan oleh Topan Hinnamnor.

Topan Hinnamnor menerjang pulau resor Jeju dan mendarat di dekat pelabuhan daratan Busan di pagi hari, dan bergerak ke timur laut menuju laut dengan kecepatan angin hingga 144 kilometer (89 mil) per jam. Topan bergerak lebih dekat ke China timur akhir pekan ini memicu penangguhan layanan feri di China timur dan penerbangan di Jepang pada hari-hari sebelumnya.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Gelombang laut menghantam pantai Pohang di Korea Selatan.

Photo :
  • Kim Hyun-tai/Yonhap via AP.

Perdana Menteri Korsel, Han Duk-soo, menyerukan evakuasi di daerah-daerah yang rentan terhadap banjir, dengan mengatakan Hinnamnor bisa berakhir menjadi "topan yang kuat secara historis yang belum pernah Korsel alami sebelumnya."

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Badai itu membawa hujan lebih dari 94 sentimeter (37 inci) di Jeju tengah sejak Minggu, di mana angin mencapai puncaknya pada 155 kph (96 mph).

Seorang pria berusia 25 tahun hilang setelah jatuh ke aliran air hujan di selatan kota Ulsan, menurut Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan. Kebakaran dilaporkan terjadi di pabrik baja utama yang dioperasikan oleh POSCO di kota selatan Pohang, tetapi tidak segera jelas apakah itu disebabkan oleh badai.

Topan Hinnamnor menghancurkan pembatas tepi pantai Busan, Korea Selatan.

Photo :
  • Sohn Hyung-joo/Yonhap via AP.

Kementerian Keamanan mengatakan lebih dari 3.400 orang di wilayah selatan terpaksa mengungsi dari rumah mereka karena masalah keamanan dan bahwa para pejabat menyarankan atau memerintahkan 14.000 orang lagi untuk mengungsi. Sedikitnya lima rumah dan bangunan terendam atau hancur, dan sejumlah jalan rusak.

Lebih dari 600 sekolah ditutup atau diubah menjadi kelas online. Lebih dari 250 penerbangan dan 70 layanan feri dihentikan, sementara lebih dari 66.000 kapal nelayan dievakuasi ke pelabuhan. Tenaga kerja hingga pukul 06.00 berhasil memulihkan aliran listrik ke 2.795 dari 20.334 rumah tangga yang padam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya