Setelah Nancy Pelosi, Semakin Banyak Anggota DPR AS Kunjungi Taiwan

Anggota Parlemen AS, Stephanie Murphy.
Sumber :
  • CNA/AFP/Saul Loeb.

VIVA Dunia – Delegasi anggota parlemen Amerika Serikat (AS) tiba di Taiwan, pada Rabu 7 September 2022, dalam perjalanan yang tidak diumumkan sebelumnya. Kunjungan rombongan anggota pejabat senior Negara Adidaya itu di Taiwan menunjukkan penentangan terhadap Beijing yang telah bereaksi dengan kemarahan terhadap perjalanan semacam itu oleh pejabat pemerintahan negara asing.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kedutaan AS secara de facto di Taiwan mengatakan delapan anggota parlemen, yang dipimpin oleh Stephanie Murphy, seorang Demokrat dari Florida yang duduk di Komite Angkatan Bersenjata DPR, akan tinggal hingga Jumat sebagai bagian dari kunjungan yang lebih besar ke kawasan Indo-Pasifik.

"Delegasi akan bertemu dengan para pemimpin senior Taiwan untuk membahas hubungan AS-Taiwan, keamanan regional, perdagangan dan investasi, rantai pasokan global, dan masalah penting lainnya yang menjadi kepentingan bersama," tambahnya.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Ketua DPR AS Nancy Pelosi memberi salam pada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Photo :
  • Taiwan Presidential Office via AP

Seperti diketahui, China memandang Taiwan, pulau yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, dan menolak Pemerintah Taipei.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Bulan lalu, China melakukan latihan perang besar-besaran di dekat Taiwan untuk menunjukkan kekuatan, setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, melakukan kunjungan ke Pulau itu. China telah melanjutkan kegiatan militernya di sekitar pulau itu sejak saat itu.

Sejak kunjungan Pelosi, semakin banyak anggota parlemen AS datang ke Taiwan, termasuk gubernur negara bagian Arizona, AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya