Ancaman China Mengkhawatirkan, Biden-Kishida akan Membicarakannya

PM Jepang Fumio Kishida bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Istana Akasaka
Sumber :
  • AP Photo/Evan Vucci

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang (PM) Kishida Fumio disebut akan membahas keamanan Taiwan selama pertemuan yang diperkirakan berlangsung sekitar 20 September 2022, di New York, AS. Hal itu disampaikan dalam sebuah laporan pada Sabtu, 10 September 2022.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pertemuan itu diperkirakan akan berlangsung di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan akan fokus pada berbagai masalah keamanan regional khususnya di Asia Pasifik.

Hal yang akan dibahas juga termasuk ancaman China terhadap Taiwan dan program senjata nuklir Korea Utara, menurut sebuah laporan oleh kantor berita Kyodo.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Tentara Militer China gunakan teropong, kejauhan tampak frigate Lan Yang Taiwan

Photo :
  • Lin Jian/Xinhua via AP

Diskusi mungkin tidak berlangsung selama yang diperkirakan sebagaimana awalnya karena Presiden Biden akan langsung melakukan perjalanan ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II yang dijadwalkan pada 19 September 2022 mendatang.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Melansir dari Taiwan News, Senin, 12 September 2022, Kishida juga kemungkinan akan menemani Kaisar Naruhito ke London untuk acara tersebut.

Rudal Harpoon A-84, rudal anti-kapal buatan AS digunakan pesawat tempur Taiwan

Photo :
  • AP Photo/Johnson Lai

China diketahui sebelumnya menggelar latihan militer skala besar termasuk mengetes penembakan rudal di dekat Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, pada 2-3 Agustus ke Taipei.

Kunjungan tersebut memicu kekhawatiran atas kemungkinan serangan China yang mengacaukan kawasan itu. Namun setelah Pelosi, beramai-ramai politikus AS malah datang ke Taiwan sebagai bentuk dukungan terhadap negara pulau itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya