6 Pengungsi Suriah Ditemukan Tewas di Lepas Pantai Italia

Konflik Suriah
Sumber :
  • pixabay

VIVA Dunia – Enam pengungsi Suriah, termasuk dua bayi dan seorang anak, ditemukan tewas di kapal migran yang tiba di pelabuhan Pozzallo, Sisilia, kata badan yang mengurusi imigran PBB (UNHCR).

Intip Sederet Ketentuan Barang Kiriman Pekerja Mingran, Tak Lagi Diatur Permendag

“Mereka meninggal karena kehausan, kelaparan, dan luka bakar yang parah. Ini tidak dapat diterima,” tulis perwakilan UNHCR untuk Italia, Chiara Cardoletti di Twitter.

VIVA Militer: Imigran Afghanistan

Photo :
  • Asharq Al-Awsat
Filda Nuha Filyaar, Siswi MAN 1 Yogyakarta Peraih Perak di Festival Sains Internasional di Tunisia

“Memperkuat penyelamatan di laut adalah satu-satunya cara untuk mencegah tragedi ini,” tulisnya

Dikutip dari Aljazeera, UNHCR dalam sebuah pernyataan yang dibuat, menyebutkan korban tewas termasuk di antaranya anak-anak yang berada di kapal terombang-ambing selama berhari-hari. Ia menambahkan bahwa dua dari anak-anak yang meninggal berusia satu atau dua tahun, sementara anak lainnya berusia 12 tahun.

5 Kota Kecil Terindah di Dunia Tahun 2024, Ada Kota Indonesia Ini

Selain itu, ada juga wanita lain putrinya diterbangkan dari kapal ke rumah sakit di pulau terdekat Malta pada Minggu, kata UNHCR. Badan PBB itu mengatakan lebih dari 1.200 orang tewas atau hilang tahun ini ketika mencoba menyeberangi Laut Tengah untuk mencapai dataran Eropa.

Sementara itu, enam mayat lagi telah ditemukan di lepas pantai Tunisia, kementerian dalam negeri mengatakan, jumlah kematian menjadi 12 setelah sebuah kapal yang membawa migran terbalik minggu lalu.

Sebanyak 37 warga Tunisia telah naik perahu dari dekat kota pesisir Sfax dalam upaya rahasia untuk mencapai pantai Italia, menurut sumber keamanan. Kapal darurat itu terbalik pada Selasa malam pekan lalu di lepas pantai Mahdia, sebuah kota pesisir di Tunisia timur.

Pemulihan terbaru, pada hari Minggu, terjadi setelah enam mayat lagi ditemukan pada hari Kamis - meskipun pihak berwenang pada awalnya melaporkan jumlahnya delapan.

Kapal pengangkut ratusan migran Haiti kandas di Florida.

Photo :
  • Patroli Perbatasan Amerika Serikat/AP Photo

Tunisia adalah titik keberangkatan utama bagi para migran yang ingin mencapai pulau Lampedusa Italia, hanya berjarak 130km, seringkali dengan kapal yang hampir tidak layak untuk berlayar.

Bulan-bulan musim panas juga cenderung diidikasikan lebih banyak orang melakukan perjalanan seperti itu, dan menurut angka resmi, pihak berwenang Tunisia telah mencegat sekitar 500 orang dalam beberapa hari terakhir ini.

Detik-detik kapal imigran terbalik di laut lepas Libya, 26 Mei 2016.

Photo :
  • Marina Militare/Handout

Sementara banyak dari mereka yang mencoba perjalanan itu berasal dari tempat lain di Afrika atau lebih jauh lagi, krisis ekonomi yang parah telah mendorong semakin banyak orang Tunisia untuk mencoba menyeberang.

Badan perbatasan Frontex Uni Eropa mengatakan lebih dari 42.500 migran dan pengungsi menggunakan rute Mediterania Tengah antara Januari dan Juli, naik 44 persen dibandingkan dengan tujuh bulan pertama pada tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya