Taiwan Jadi Negara Favorit Pekerja Migran Indonesia di Tahun 2024

Aktivitas masyarakat Indonesia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemampuan untuk melanjutkan pendidikan dan bekerja di luar negeri sering menjadi tolak ukur keberhasilan orang Indonesia

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Orang tua selalu mendorong anak-anak mereka untuk belajar setinggi mungkin dan mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan di luar negeri. 

Aktivitas masyarakat Indonesia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta
AO PNM dari Tanah Mataram, Tangguh Jadi "Kartini" Bagi Keluarga

Ini bukan berarti kualitas pendidikan di luar negeri buruk, tetapi paradigma tentang kenyamanan tinggal di luar negeri sering membayangi pikiran orang Indonesia.

Survei yang dilakukan GoodStats menunjukkan bahwa mayoritas orang Indonesia akan memilih Taiwan sebagai negara tujuan pekerjaan mereka di tahun 2024.

Intip Sederet Ketentuan Barang Kiriman Pekerja Mingran, Tak Lagi Diatur Permendag

Pada tahun 2024, 45% orang yang melakukan survei akan memilih Taiwan sebagai tempat kerja mereka. Jepang berada di urutan kedua dengan perolehan 41%, sementara Arab Saudi berada di urutan ketiga dengan perolehan 32%. Negara-negara lain di daftar ini termasuk Jerman, Malaysia, Hong Kong, dan Amerika Serikat.

Selain itu, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melaporkan bahwa lebih dari 70.000 pekerja migran Indonesia berada di Taiwan pada tahun 2023.

Sangat menarik bahwa hasil survei kali ini berbeda dengan hasil survei negara pilihan masyarakat Indonesia dari tahun 2023. Jepang dianggap sebagai negara pilihan pertama untuk bekerja, dengan 50,9%, diikuti oleh Singapura dengan 45,5% dan Australia dengan 41,1%, menurut GoodStats. 

Taiwan yang menjadi favorit tahun ini malah berada di urutan ke-8 pada tahun 2023 lalu dengan perolehan sebesar 4,5%. Peningkatan pesat ini jelas merupakan hasil yang wajar. 

Banyak orang Indonesia yang betah bekerja di Taiwan karena mereka memiliki perlindungan hukum yang baik, gaji yang kompetitif, dan lingkungan kerja yang aman. 

Faktor utama yang mendorong orang untuk bekerja di luar negeri masih mengenai gaji. Hal ini sebanding dengan hasil survei tahun 2023. Tidak hanya standar gaji lebih tinggi di luar negeri ketimbang di Indonesia, tetapi nilai Rupiah juga lebih rendah dibandingkan dengan mata uang negara-negara tersebut. 

Kondisi keamanan dan lapangan kerja yang luas adalah alasan lain mengapa orang memilih negara ini.

Taiwan National University

Photo :

Selain itu, ada pertimbangan tentang jenjang karir yang baik. Negara-negara favorit seperti Jepang, Taiwan, dan Australia menawarkan jenjang karir yang stabil untuk masa depan, yang membuat mereka sangat disukai oleh orang Indonesia.

Selain itu, survei ini dilakukan secara online dari tanggal 10 hingga 22 Februari 2024, dan 1.012 orang di antara mereka berasal dari Pulau Jawa dengan usia 18 hingga 24 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya