Jelang Debat Pilpres Ketiga, Ganjar Bicara Isu Pekerja Migran hingga Alutsista

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Demak - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku bakal fokus pada isu pekerja migran Indonesia (PMI) hingga alutsista menjelang debat pilpres ketiga yang bakal digelar pada Minggu, 7 Januari 2024 mendatang.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

"Hati-hati, karena Kemlu (Kementerian Luar Negeri) selama ini punya perhatian yang bagus soal itu. Saya pernah berbincang dengan Ibu Menlu ( Menteri Luar Negeri) dan ternyata problem besar kita di luar negeri terkait dengan kepentingan nasional adalah pada pekerja migran. Ini yang penting," kata Ganjar kepada wartawan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah dikutip Rabu, 3 Januari 2024.

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa
Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Kemudian, Ganjar mengatakan kebutuhan alutsista di Indonesia harus dipersiapkan secara sungguh-sungguh. Adapun kebutuhan dasar alutsista dari tiga matra, yakni, darat, laut dan udara.

"Dan yang kita tanya adalah penggunanya, jangan sampai penggunanya tidak siap. Maka kalau kita mau bicara transisi alutsista, maka transisinya jangan kejauhan, karena peralatan alutsista makin hari makin modern," kata dia. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Di sisi lain, Ganjar menilai Indonesia punya kemampuan untuk memproduksi alutsista. Maka itu, industri pertahanan di Indonesia dinilai Ganjar sudah baik.

"Kalau-lah kebutuhan itu tinggi kan lebih baik produksi juga ada dalam negeri, salah satu contoh. Tapi dari sisi politik luar negeri yang lain, memang ada yang kepentingannya langsung terkait dengan kondisi nasional kita," pungkasnya. 

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua telah digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024.

Debat capres 2024

Photo :
  • VIVA

Debat pertama membahas pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Debat kedua membahas ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga nanti adalah seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya