3 Benda Agung Simbol Kekuasaan Ratu Elizabeth Diambil, Ini Maknanya

Mahkota, bola dan tongkat Ratu Elizabeth II di atas peti jenazah
Sumber :
  • Dominic Lipinski/Pool via AP

VIVA Dunia – Ratu Inggris Elizabeth II dimakamkan di chapel St George's di Kastil Windsor bersama dengan orangtua dan suaminya Pangeran Philip. Ratu Elizabeth II dimakamkan dengan proses yang amat mewah dan agung pada Senin, 19 September 2022.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Dalam prosesi pemakaman Ratu Inggris, momen yang juga paling menarik perhatian dan simbolik adalah pengambilan benda-benda penanda kuasa Ratu Elizabeth II selama ini termasuk mahkota bertahtakan berlian.

Sebagaimana dilansir laman BBC.com, Selasa 20 September, Dean of Windsor dalam keheningan mengambil tongkat tahta Ratu yang menyimbolkan kekuasaan dan keadilan seorang ratu atau raja yang diterima Ratu Elizabeth II pada saat acara penobatan. Kemudian bola dengan tanda salib di atasnya yang berarti globe dunia yang diterima Ratu Elizabeth II dahulu dengan pesan,"terimalah bola ini di bawah salib dan ketahuilah bahwa dunia ini adalah di bawah kekuasaan Kristus sang Penebus."

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Peti jenazah Ratu Elizabeth II saat tiba di Kastil Windsor

Photo :
  • (Aaron Chown/Pool photo via AP

Kemudian mahkota kerajaan negara yang merupakan mahkota yang diletakkan oleh Uskup Agung Canterbury di atas kepala Ratu Elizabeth II pada saat dia dinobatkan di Westminster Abbey. Mahkota itu diberikan dengan pesan kalimat," semoga dia diberkati dengan kemurahan dan kebaikan yang agung."

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Tiga benda simbol kekuasaan Ratu Elizabeth II itu yang sebelumnya diletakkan di atas peti jenazah kemudian diserahkan kepada Uskup Agung dan kemudian diletakkan di atas altar. Hal ini menjadi simbol bahwa mahkota, bola dan tongkat telah diambil dari Ratu Elizabeth II yang meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya.

Peti mati Ratu Elizabeth II dengan salib dan mahkota di atas peti

Photo :
  • Sarah Meyssonnier/Pool Photo via AP

Ketiganya diletakkan masing-masing di atas bantilan satin mewah berwarna ungu. Setelah tiga benda itu diambil, paduan suara dan jemaat yang hadir lalu menyanyikan amin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya