Kuburan Massal dari Perang Tahun 1990 Ditemukan di Azerbaijan

Kuburan massal dari perang tahun 1990
Kuburan massal dari perang tahun 1990
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA Dunia – Azerbaijan telah menemukan apa yang diklaimnya sebagai kuburan massal tentara mereka yang diduga dieksekusi oleh pasukan separatis Armenia selama perang tahun 1990-an atas wilayah Nagorno-Karabakh yang  hingga saat ini masih disengketakan.

Diketahui, Baku dan Yerevan telah berperang  sebanyak dua kali pada tahun 2020 dan pada tahun 1990-an atas wilayah pegunungan yang diperebutkan, yang merupakan daerah Azerbaijan tetapi berpenduduk Armenia.

“Sebuah kuburan massal prajurit Azerbaijan yang disiksa dan dieksekusi selama perang Karabakh pertama ditemukan di desa Edilli,” Hikmet Hajiyev, penasihat kebijakan luar negeri untuk Presiden Ilham Aliyev, mengatakan pada hari Rabu di Twitter.

VIVA Militer: Serangan militer Azerbaijan ke basis pasukan Armenia

VIVA Militer: Serangan militer Azerbaijan ke basis pasukan Armenia

Photo :
  • abcnews.go.com

Mengutip dari Aljazeera, Hikmet mengatakan 4.000 tentara dan warga sipil Azerbaijan masih hilang dari perang pada 1990-an. “Armenia menolak untuk mengungkapkan lokasi kuburan massal,” katanya.

Namig Efendiyev dari komisi negara untuk tawanan perang mengatakan bahwa 25 jenazah telah ditemukan sejak Februari di kuburan massal yang ditemukan. Baku membuat pengumuman itu beberapa hari setelah Armenia menuduh pasukan Azerbaijan melakukan kejahatan perang selama bentrokan perbatasan yang mematikan bulan lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title