Poin-poin Penting Pidato Xi Jinping di Kongres Partai Komunis China

Presiden Xi Jinping di Kongres Partai Komunis China 16 Oktober tahun 2022
Sumber :
  • AP Photo/Mark Schiefelbein

VIVA Dunia – Presiden China Xi Jinping pada Minggu, 16 Oktober 2022 memulai kongres lima tahunan Partai Komunis berpidato panjang lebar yang merangkum pencapaian partai tersebut dalam beberapa tahun terakhir dan arah untuk tahun-tahun mendatang.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Xi menggambarkan lima tahun sejak kongres partai terakhir sebagai hal yang sangat tidak biasa dan tidak normal. Dia mendesak rakyatnya untuk bersiap menghadapi bahaya serta bersiap menghadapi ujian besar yang akan datang.

Berikut adalah beberapa poin penting yang tercakup dalam pidato Xi yang disampaikan di depan sekitar 2.300 delegasi Tiongkok di Aula Besar Rakyat di Beijing.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

COVID-19

Xi mengatakan China telah memenangkan pujian internasional atas pencegahannya terhadap pandemi virus Corona.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

China mengutamakan rakyat dan kehidupan mereka dan mencapai hasil positif yang signifikan dalam mengoordinasikan pencegahan dan pengendalian epidemi, katanya.

Presiden China itu juga mengatakan negara itu perlu lebih meningkatkan infrastruktur perawatan kesehatannya, membuat sistem kebijakan untuk meningkatkan angka kelahiran dan menangani populasi yang menua dengan lebih baik.

Tingkat kesuburan China hanya 1,16 pada tahun 2021, angka ini berada di bawah standar 2,1 OECD untuk populasi yang stabil dan termasuk yang terendah di dunia.

Taiwan

Xi mengatakan China telah melakukan perjuangan besar melawan separatisme Taiwan dan campur tangan asing di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

China menganggap Taiwan sebagai provinsi pemberontak yang menunggu reunifikasi dengan daratan, jika perlu dengan kekerasan. Sementara Taiwan mengatakan akan mempertahankan kebebasan dan demokrasinya.

"Menyelesaikan masalah Taiwan adalah urusan rakyat China sendiri, yang akan diputuskan oleh rakyat China," kata Xi Jinping dikutip dari The Straits Times, Senin, 17 Oktober 2022.

"Kami tidak akan pernah melepaskan hak untuk menggunakan kekuatan (dalam menyelesaikan masalah Taiwan), dan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk mengakhiri semua gerakan separatis."

Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa partainya akan selalu menghormati, merawat, dan bekerja untuk memberi manfaat bagi rekan senegaranya di Taiwan.

Janji Xi untuk menyelesaikan reunifikasi China mendapat tepuk tangan meriah dari para delegasi di Aula Besar.

Hong Kong

China telah mencapai kontrol komprehensif atas Hong Kong, mengubah situasi dari kekacauan menjadi pemerintahan kata Xi yang mengacu pada protes anti-pemerintah yang sering disertai kekerasan yang mengguncang kota itu pada 2019.

Hal ini telah menjadi perubahan besar menjadi lebih baik, katanya.

Hong Kong dan Makau harus mematuhi kebijakan satu negara, dua sistem dalam jangka panjang, karena telah terbukti sebagai mekanisme kelembagaan terbaik untuk kedua kota, kata Xi.

Sekarang China harus memastikan bahwa Hong Kong yang diperintah oleh para patriot, menyelesaikan masalah sosial dan ekonominya yang mendalam, dan Beijing akan mendukung kota itu dalam upaya integrasinya dengan daratan.

Hubungan internasional dan keamanan China juga menentang mentalitas Perang Dingin dalam diplomasi global, kata Xi.

"China dengan tegas menentang semua bentuk hegemoni dan politik kekuasaan, menentang mentalitas Perang Dingin, menentang campur tangan dalam politik domestik negara lain, menentang standar ganda," kata Xi Jinping.

Dia menambahkan bahwa Beijing tidak akan pernah mencari hegemoni dan tidak akan pernah melakukan ekspansi.

Xi mengatakan bahwa meskipun China telah menjadi mitra dagang global utama selama beberapa tahun terakhir, China tidak akan terlibat dalam ekspansionisme dan akan tetap berkomitmen pada kebijakan luasnya untuk membuka ekonominya ke dunia luar.

Sementara mengenai masalah pertahanan, pemimpin China itu mengatakan partainya bertujuan untuk membangun militer yang kuat di era baru untuk mencapai kemampuan pencegahan strategis.

Xi Jinping kemudian menjanjikan tampilan baru dan struktur baru untuk Tentara Pembebasan Rakyat dengan peralatan, teknologi, dan kemampuan strategis yang lebih canggih.

"Kita harus memperkuat rasa kesulitan kita, mematuhi pemikiran garis bawah, bersiap menghadapi bahaya di masa damai, bersiap menghadapi hari hujan, dan siap menghadapi ujian besar angin kencang dan gelombang tinggi,” kata Xi.

Pembangunan dan Ekonomi

Pembangunan adalah prioritas utama China, kata Xi, saat ia mendesak negara itu untuk fokus pada pembangunan berkualitas tinggi dan memperluas permintaan domestik untuk memajukan ekonomi China.

China akan menggabungkan penciptaan permintaan domestik dengan reformasi struktural sisi penawaran karena mempercepat langkah pengembangan strategi ekonomi sirkulasi ganda.

Ekonomi China diperkirakan tumbuh sekitar 3 persen tahun ini, namun terhambat oleh kebijakan Covid-Zero negara itu, kepercayaan konsumen yang lemah, dan investasi yang lebih rendah.

Prediksi pertumbuhan pra-pandemi lebih dari 5 persen selama dekade berikutnya sekarang terlihat di luar jangkauan.

Xi memuji perkembangan ilmiah dan teknologi China dalam beberapa tahun terakhir, termasuk terobosan farmasi dan eksplorasi ruang angkasa.

"Teknologi adalah kekuatan produksi utama, bakat adalah sumber daya utama dan inovasi adalah kekuatan pendorong utama," katanya. 

Dia menekankan pentingnya bagi China untuk menjadi mandiri secara teknologi.

Dalam pidatonya, Xi juga menyoroti pencapaian China dalam penuntasan kemiskinan, salah satu dari dua tujuan seratus tahun partai tersebut.

Dia mengatakan China akan mempromosikan strategi kemakmuran bersama, meningkatkan ukuran populasi berpenghasilan menengah sambil menstandardisasi distribusi pendapatan.

China juga akan mendirikan sistem perumahan yang menjamin pasokan dari berbagai jalan dan memberikan dukungan dari saluran yang berbeda untuk mendorong sewa dan pembelian properti.

Lingkungan

Xi berjanji untuk memprioritaskan lingkungan, melindungi alam, dan mempromosikan gaya hidup hijau.

Dia menggembar-gemborkan revolusi energi, dan berjanji untuk menghilangkan polusi udara dan air yang berat, mengendalikan kontaminasi tanah, dan menggunakan batu bara dengan cara yang lebih bersih dan efisien.

Masyarakat dan Budaya

Xi menekankan pentingnya budaya sosialis yang kuat di Tiongkok, kebutuhan untuk menyebarkannya di antara generasi muda, dan untuk mempromosikan kisah Tiongkok ke seluruh dunia.

Beijing akan memperdalam pendidikan patriotik dan membimbing agama menuju kompatibilitas dengan masyarakat sosialisnya, katanya.

Kontrol kuat partai atas ideologi dan media berkontribusi pada stabilitas sosial juga disinggung dalam pidato itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya