Buntut Pembunuhan PM Shinzo Abe, PM Jepang Perintah Selidiki Gereja Unifikasi

Gereja Unifikasi Jepang
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA Dunia – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memerintahkan penyelidikan terhadap Gereja Unifikasi pada hari Senin, 17 Oktober 2022 di tengah protes publik atas hubungan sekte agama Korea Selatan dengan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa.

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Melansir dari Aljazeera, gereja itu dikenal sebagai Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Penyatuan Dunia, gereja tersebut berada di bawah pengawasan ketat sejak pembunuhan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe pada 8 Juli 2022 lalu.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berpidato di Sesi ke-77 Majelis Umum PBB di Markas Besar PBB di New York City, AS, 20 September 2022.

Photo :
  • AP Photo/Jason DeCrow.
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Pembunuh Abe, Tetsuya Yamagami, mengaku membunuh perdana menteri terlama di Jepang atas dukungannya untuk Gereja Unifikasi. Penyerang berusia 41 tahun itu menyalahkan gereja atas kehancuran finansial keluarganya: ibunya, seorang pengikut setia, telah bangkrut setelah menyumbangkan uang yang banyak kepada sekte tersebut.

Pengungkapan itu mendorong lebih banyak kerabat anggota gereja untuk maju menuduhnya memaksa sumbangan yang merusak, dan perhatian media pada hubungan kelompok itu dengan LDP konservatif.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Sebuah survei internal partai kemudian menunjukkan hampir setengah dari 379 legislator nasional LDP memiliki hubungan dengan gereja, mulai dari menghadiri acara-acara yang diselenggarakan oleh kelompok tersebut hingga menerima dukungan pemilihan dari para sukarelawannya.

Kishida mengumumkan penyelidikan di parlemen itu diduga untuk menaikan dukungannya. Dukungan publik untuk kabinetnya anjlok menjadi 35 persen dalam jajak pendapat kantor berita Kyodo - level terendah sejak ia menjabat tahun lalu.

Perdana menteri mengatakan kepada legislator bahwa dia menyerukan penyelidikan karena banyaknya korban gereja. Investigasi sedang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang.

Menteri Pendidikan Keiko Nagaoka mengatakan dia akan memulai penyelidikan "segera". Kyodo mengatakan Kishida sebelumnya berhati-hati dalam memerintahkan penyelidikan terhadap kegiatan gereja, sebagian karena kekhawatiran melanggar ketentuan konstitusional untuk kebebasan beragama.

Gereja Unifikasi Jepang

Photo :
  • Aljazeera

Perlu diketahui hanya dua kelompok agama di Jepang yang sejauh ini telah diperintahkan dibubarkan oleh pengadilan. Salah satunya adalah sekte Aum Shinrikyo yang melakukan serangan gas sarin mematikan di sistem kereta bawah tanah Tokyo pada tahun 1995.

Kemudian yang lainnya adalah kelompok kuil Myokakuji, yang para pendetanya dinyatakan bersalah menipu pengikutnya dengan memberi tahu mereka bahwa mereka dirasuki roh jahat dan menuntut mereka untuk eksorsisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya