Mengaku Aktivis Lingkungan, Mark Zuckerberg Diprotes Karena Masih Sering Gunakan Private Jet

Kepala Eksekutif Meta (Facebook) Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • TechRepublic

VIVA Dunia – CEO Facebook dan Meta, Mark Zuckerberg, pendukung dan mengaku aktif sebagai aktivis perubahan iklim, memiliki jet pribadi yang membakar bahan bakar jet senilai lebih dari $158.000 dalam waktu kurang dari dua bulan.

Bobby Ditangkap Polisi, Diduga Menghina Suku Pakpak

Melansir New York Post, jet milik Zuckerberg, seri Gulfstream G650, telah membakar setidaknya $158.448 bahan bakar jet di 28 perjalanan yang berbeda antara 20 Agustus dan 15 Oktober, menurut data dari perangkat lunak pelacakan penerbangan ADS-B Exchange yang disusun oleh programmer Jack Sweeney. Private jet tersebut telah melintasi benua Amerika Serikat, sering bepergian ke Pennsylvania, Massachusetts, New York, Texas dan beberapa negara bagian lain sebelum kembali ke pangkalannya di San Jose, California.

Dalam rentang waktu tersebut, jet pribadi Zuckerberg mengeluarkan lebih dari 253 metrik ton karbon, gas rumah kaca yang menurut para ahli berkontribusi terhadap pemanasan global dan perubahan iklim. Sebagai perbandingan, rata-rata orang Amerika memiliki total jejak karbon 16 ton per tahun sementara rata-rata orang di seluruh dunia membakar sekitar 4 ton per tahun, menurut The Nature Conservancy.

Mantan Anak Buah SYL Sebut Kementan RI Bela-belain Bayar Rp 1 M Buat Sewa Private Jet

Pengguna Twitter yang protes akan private jet Mark Zuckerberg

Photo :
  • twitter.com/jxcksweeney

Gulfstream mencatat beberapa perjalanan lintas alam jarak jauh selama dua bulan terakhir, tetapi juga melakukan beberapa perjalanan pendek. Misalnya, jet melakukan perjalanan hanya 18 mil antara dua landasan udara Arizona pada 15 Oktober dan 28 mil dari Carlsbad, California, ke San Diego pada 28 Agustus.

Tega! Ayah di Medan Jual Anaknya Usia 11 Bulan Rp 15 Juta di Facebook

Namun terlepas dari jejak karbon besar jetnya, yang 15 kali lebih besar dari rata-rata jejak karbon warga AS, Zuckerberg sering memberikan uang untuk membantu mengurangi penyebab perubahan iklim dan telah berbicara tentang pentingnya menyelesaikan pemanasan global untuk generasi mendatang. Facebook juga berusaha memerangi misinformasi iklim di platformnya.

“Sudah waktunya untuk pekerjaan umum yang menentukan generasi kita,” kata Zuckerberg dalam pidato pembukaan Universitas Harvard pada 2017 silam. “Bagaimana kalau menghentikan perubahan iklim sebelum kita menghancurkan planet ini dan melibatkan jutaan orang dalam pembuatan dan pemasangan panel surya?”

Kepala Eksekutif Meta (Facebook) Mark Zuckerberg.

Photo :
  • TechRepublic

“Kami mengerti bahwa tantangan terbesar kami membutuhkan tanggapan global juga — tidak ada negara yang dapat melawan perubahan iklim sendirian atau mencegah pandemi,” lanjutnya. “Kemajuan sekarang membutuhkan kebersamaan tidak hanya sebagai kota atau negara, tetapi juga sebagai komunitas global.”

Pada tahun 2021, Zuckerberg mengatakan sebagian alasan dia berkomitmen untuk memajukan teknologi realitas virtual adalah karena itu akan “lebih baik bagi masyarakat dan planet ini” daripada bepergian dengan “mobil dan pesawat dan semua itu” dalam sebuah wawancara dengan publikasi teknologi The Information.

Beberapa bulan kemudian, Facebook mengumumkan akan meluncurkan Pusat Informasi Ilmu Iklim dan mengeluarkan $ 1 juta untuk organisasi yang bekerja untuk memerangi kesalahan informasi iklim.

“Perubahan iklim adalah salah satu masalah paling mendesak yang memengaruhi dunia kita saat ini, dan Meta berkomitmen untuk membantu mengatasi tantangan global ini,” kata perusahaan induk Facebook Meta dalam pengumuman 16 September 2021. 

Priscilla Chan dan Mark Zuckerberg

Photo :
  • U-Report

Chan Zuckerberg Initiative, sebuah yayasan swasta yang didirikan oleh Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan pada tahun 2015, telah menyumbangkan puluhan juta dolar untuk membantu memperbaiki iklim. Pada bulan Februari, organisasi tersebut mengatakan akan memberikan $44 juta untuk penelitian dan pengembangan teknologi yang menghilangkan emisi karbon dari udara.

Zuckerberg adalah selebriti aktivis iklim profil tinggi terbaru yang penggunaan jet pribadinya terlampau tinggi. Leonardo DiCaprio, Harrison Ford dan Steven Spielberg masing-masing sering bepergian dengan jet pribadi sambil mengungkapkan keprihatinan tentang pemanasan global yang disebabkan oleh manusia, begitu juga dengan Elon Musk yang dikatakan "munafik". 

“Saya takut (akan pemanasan global),” kata Spielberg pada 2018. “Pemanasan global adalah kenyataan ilmiah. Ini bukan trik politik. Ini adalah bagian sejati dari sains yang nyata, terukur, dan dapat diukur.” lanjutnya. 

“Tahukah Anda ketika Anda tidak memperhatikan sesuatu yang dapat membahayakan anak dan cucu Anda?” dia melanjutkan. “Kemudian Anda menjalani hidup dengan riang dengan kaleng aerosol dan melakukan segala macam hal yang menipiskan ozon.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya