Rayakan Diwali, Joe Biden Malah Salah Sebut Nama PM Inggris Rishi Sunak

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden
Sumber :
  • politico.eu

VIVA Dunia – Penyebutan nama Perdana Menteri Baru Inggris, Rishi Sunak tampaknya agak sulit diucapkan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Israel Bombardir Perbatasan Mesir, Presiden Amerika Ikut Ikut Campur

Biden salah menyebut nama Rishi Sunak pada hari Senin 25 Oktober 2022 lalu, namun sambil menyebut pencapaian pemimpin baru itu “luar biasa” dan “merupakan sebuah terobosan.”

Melansir New York Post, salah pengucapan nama PM Inggris baru, yang sangat mencolok tersebut, dilakukan Biden saat menggelar acara meriah di Gedung Putih merayakan Diwali, festival cahaya Hindu.

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC

Photo :
  • AP Photo/Patrick Semansky

“Baru hari ini, kami mendapat kabar bahwa Rashee, Rashee Sanook sekarang menjadi perdana menteri,” kata Biden, mengobrak-abrik nama Rishi Sunak.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

“Cukup mencengangkan,” lanjut Biden. “Sebuah tonggak terobosan. Dan itu penting, itu sangat penting.” ujar Biden.

Sunak adalah seorang penganut agama Hindu dan orang kulit berwarna pertama yang menjadi perdana menteri Inggris.

Perdana Menteri Inggris (PM Inggris) Rishi Sunak

Photo :
  • AP Photo/David Cliff

Pengguna Twitter Inggris terperangah oleh kesalahan Presiden AS tersebut, yang muncul selama komentar publik pertamanya tentang kebangkitan Sunak. “Siapa Rashee Sanook?” Aktor Inggris Matthew Marsden mengatakan dalam sebuah posting.

"PM Sunak berbicara dengan Presiden Joe Biden melalui telepon malam ini. Tidak jelas apakah dia menyebut dia sebagai 'Rashee Sanook' lagi," tulis Shehab Khan, seorang reporter ITV News, berkata dalam tweet.

“Selamat Rushi Sanoook, idiot,” Adam Brooks, seorang komentator Inggris, mengatakan dalam sebuah tweet, menambahkan emoji facepalm dan membagikan video kesalahan terbaru Biden.

Rishi Sunak bertemu Raja Charles III usai terpilih menjadi PM Inggris

Photo :
  • Pool photos via AP

Pada usia 42 tahun, Sunak adalah pemimpin termuda Inggris Raya dalam 200 tahun terakhir. Dia sebelumnya adalah Menteri Keuangan Inggris, setara dengan posisi menteri Keuangan di AS, dan merupakan mantan bos hedge fund multijutawan.

Sunak adalah anggota Partai Konservatif Inggris. Dia menjadi perdana menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan setelah Liz Truss mengundurkan diri sebagai PM di tengah keributan atas agenda ekonominya. 

Meski salah penyebutan nama, dikabarkan Biden dan Sunak telah melakukan pembicaraan penting melalui sambungan telefon, dan akan bertemu di KTT G20 di Bali, Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya