AS Sebut China Bakal Punya 1.500 Hulu Ledak Nuklir pada 2035

Bendera China.
Bendera China.
Sumber :

VIVA Dunia – Amerika Serikat (AS) mengklaim bahwa China kemungkinan akan memiliki persediaan 1.500 hulu ledak nuklir, pada tahun 2035 jika terus mempercepat pembangunan nuklirnya saat ini. Hal tersebut dinilai dari sebuah laporan yang dirilis oleh Pentagon, pada hari Selasa, 29 November 2022.

Angka tersebut menggarisbawahi meningkatnya kekhawatiran AS tentang niat China untuk memperluas persenjataan nuklirnya, meskipun dengan laporan tersebut tidak menunjukkan bahwa China sedang mempercepat laju pengembangan hulu ledaknya.

"Mereka memiliki penumpukan hulu ledak nuklir yang cepat dan terlalu besar untuk dirahasiakan,” kata seorang pejabat senior pertahanan AS saat jumpa pers tentang laporan tahunan Pentagon mengenai militer China.

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Photo :
  • The Drive

Melansir dari The Sundaily, Rabu, 30 November 2022, laporan tersebut, yang mencakup kegiatan pada tahun 2021, mengatakan bahwa China saat ini memiliki persediaan nuklir lebih dari 400 hulu ledak.

Proyeksi Pentagon untuk persenjataan nuklir China sebanyak 1.000 hulu ledak pada tahun 2030 tetap tidak berubah, kata pejabat itu. 

Dia juga menambahkan bahwa proyeksi untuk tahun 2035 didasarkan pada kecepatan ekspansi yang tidak berubah.

Halaman Selanjutnya
img_title