Mantan Presiden China Jiang Zemin Meninggal Dunia

Mantan Presiden China, Jiang Zemin.
Mantan Presiden China, Jiang Zemin.
Sumber :
  • Ju Peng/AP

VIVA Dunia – Mantan Presiden China Jiang Zemin dikabarkan meninggal dunia dalam usia 96 tahun. Jiang  mulai memimpin China, setelah peristiwa demonstrasi di Lapangan Tiananmen pada 1989.

"Jiang Zemin meninggal dunia karena leukemia dan kegagalan banyak organ di Shanghai pada pukul 12:13 malam, pada 30 November 2022, pada usia 96 tahun," Xinhua melaporkan, seperti dilansir Alarabiya news.

Ketika Jiang menggantikan Deng Xiaoping sebagai pemimpin pada tahun 1989, China masih dalam tahap awal modernisasi ekonomi.

Pada saat dia pensiun sebagai presiden pada tahun 2003, China adalah anggota Organisasi Perdagangan Dunia. Analis mengatakan Jiang dan faksi "Geng Shanghai" terus memberikan pengaruh atas politik komunis lama setelah dia meninggalkan jabatan puncak.

Dia meninggalkan seorang istri Wang Yeping dan dua putra.

Melansir dari The New York Times, Rabu, 30 November 2022, pengumuman Partai Komunis yang dikeluarkan oleh media pemerintah China mengatakan dia meninggal di Shanghai karena leukemia dan kegagalan organ.

Di mata banyak politisi asing, Jiang adalah orang yang cerewet, kaku dan tidak banyak tersenyum. Dia adalah seorang Komunis yang menyatakan cintanya pada film-film Hollywood dan menyanyikan lagu-lagu seperti "Love Me Tender."

Halaman Selanjutnya
img_title