4 Jenazah Lagi Ditemukan, Total Korban Tewas Longsor Malaysia Capai 30 Orang

Tim SAR Malaysia mencari korban longsor.
Sumber :
  • Bernama.

VIVA Dunia – Tambah empat jenazah korban longsor di Father's Organic Farm ditemukan oleh tim pencarian dan pertolongan (SAR) pada Kamis, 22 Desember 2022, setelah tujuh korban belum ditemukan sejak tragedi yang terjadi, pada Jumat lalu, 16 Desember 2022. Kepala polisi setempat Suffian Abdullah mengkonfirmasi penemuan empat jenazah terbaru yang diidentifikasi seorang pria, seorang wanita dan dua anak-anak.

Recall 420 Unit Chery Omoda 5 di Indonesia Buntut Patahnya As Roda di Malaysia

Jenazah keempat korban dibawa dari lokasi pencarian oleh anggota Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia (JBPM) sekitar pukul 11.30 waktu setempat, sebelum diserahkan ke Kepolisian Kerajaan Malaysia (PDRM). Diperkirakan seluruh korban akan dikirim ke Rumah Sakit Sungai Buloh untuk dilakukan visum, dan identifikasi identitas sebelum diserahkan oleh keluarga masing-masing.

Operasi tim SAR tanah longsor kini telah memasuki hari ketujuh setelah dihentikan pada hari Rabu, 21 Desember 2022, pukul 22.00 waktu setempat. Sebelumnya, dua mayat yakni seorang gadis muda dan seorang pria, ditemukan masing-masing pada hari Selasa dan Rabu.

12 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Marapi

Tanah longsor terjadi di sebuah perkemahan turis di Malaysia, pada Jumat, 16 Desember 2022, dan menyebabkan 2 orang tewas serta 51 orang dikhawatirkan terkubur.

Photo :
  • Malaysia Civil Defence via AP.

Melansir dari Channel News Asia, Kamis, 22 Desember 2022, pejabat penyelamat senior Hafisham Mohamad Noor mengatakan bahwa kru darurat telah menyisir medan berlumpur pada hari Rabu dan menemukan tubuh pria yang masih memeluk anjingnya. Tragedi tanah longsor yang terjadi setelah pukul 02.00 pagi itu, sejauh ini telah menewaskan 30 orang, dengan tiga korban masih hilang dan dalam pencarian. Sebanyak 61 orang selamat dari 94 jumlah keseluruhan korban yang berada di lokasi tersebut.

Bea Cukai Pastikan Pengiriman Jenazah dari Luar Negeri Tidak Dipungut Bea Masuk

Longsor di Batang Kali, daerah perbukitan yang populer di dekat Dataran Tinggi Genting, menyapu perkemahan saat orang-orang tidur di tenda mereka.

Jumat lalu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengumumkan bantuan keuangan, dan langkah-langkah dukungan bagi mereka yang terkena dampak tanah longsor yang fatal. Sekitar 680 awak kapal dari berbagai instansi yang dipimpin oleh dinas pemadam kebakaran dan kepolisian terlibat dalam operasi pencarian.

Kepala polisi Selangor Arjunaidi Mohamed mengatakan pada hari Selasa bahwa polisi telah mencatat pernyataan dari 53 orang untuk membantu penyelidikan, termasuk operator tempat perkemahan, dua pekerja, korban selamat dan keluarga korban.

Tanah longsor terjadi di sebuah perkemahan turis di Malaysia, pada Jumat, 16 Desember 2022, dan menyebabkan 2 orang tewas serta 51 orang dikhawatirkan terkubur.

Photo :
  • Malaysia Civil Defence via AP.

Kegiatan rekreasi luar ruangan di sekitar kawasan itu juga telah dihentikan setelah tanah longsor, kata Menteri Dalam Negeri Malaysia Saifuddin Nasution Ismail. Tanah longsor sering terjadi di Malaysia setelah hujan lebat, yang biasanya terjadi pada akhir tahun.

Namun, tidak ada hujan lebat yang tercatat di daerah tersebut pada malam terjadinya bencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya