Pipa Air Pecah, Penduduk Mississippi Disuruh Rebus Air untuk Minum

Ilustrasi minum air mineral.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Pejabat negara bagian Mississippi mengumumkan semua penduduk bahwa sistem aliran air mengalami penurunan tekanan karena pipa pecah yang membeku saat hari Natal.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Kendati begitu, para warga yang ingin meminum air dari keran diwajibkan untuk merebusnya terlebih dahulu hingga mendidih agar tidak terkontaminasi oleh zat lain seperti yang dilansir dari Fox News.

“Karena hilangnya tekanan sistem Divisi Utilitas Air/Aliran Kota Jackson telah mengeluarkan peringatan untuk mendidihkan air hingga pemberitahuan lebih lanjut,” begitu bunyi tulisan di situs resmi kota Jackson.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Air mineral.

Photo :
  • Pixabay

Perintah mendidihkan air datang berbulan-bulan setelah sebagian sistem air mengalami kerusakan. Pada akhir Agustus silam, hujan deras dan banjir di Sungai Pearl memperburuk masalah di salah satu dari dua pabrik pengolahan Jackson. 

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Akibatnya, tekanan sistem air menurun sehingga lebih dari 150.000 penduduk berada di bawah perintah mendidihkan air karena kualitas yang buruk.

Pada pekan pertama bulan September, tekanan air telah pulih untuk sebagian besar penduduk walaupun perintah merebus air masih berlaku. Ada kekhawatiran pipa bisa saja pecah saat tekanan air dipulihkan.

“Sistem kehilangan tekanan karena kerusakan pada sistem distribusi yang belum teridentifikasi,” kata pejabat Jackson.

“Beberapa aera mungkin mengalami sedikit atau tidak ada tekanan air. Pabrik Pengolahan Air OB Curtis dan J.H. Fewell akan terus bekerja memaksimalkan produksi guna mengembalikan tekanan ke sistem sebanyak mungkin,” lanjutnya. 

Pemerintah kota menegaskan kembali bahwa perintah mendidihkan air berlaku untuk semua sambungan air di permukaan dan tidak berkaitan dengan sambungan air sumur.

Untuk membantu penduduk, kota membagikan air botolan di sudut Northside Drive dan Manhattan Road pada hari Natal. Air disediakan oleh Mississippi Rapid Response Coalition yang bekerja sama dengan Kota Jackson. 

Penduduk di Clarkesville, Georgia juga disarankan untuk merebus air pada hari Natal. Area yang dimaksud adalah sepanjang Rock Branch Road antara Washington Street dan Gabrels Drive serta Jefferson Street hingga Rocky Branch Road serta Clarkesville Presbyterian Church.

Warga disarankan mendidihkan air selama dua pekan da biarkan hingga dingin sebelum diminum.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya