Badai Salju di Amerika Serikat, 18 Orang Meninggal dan Listrik Padam

Badai salju menerjang kota New York, AS.
Sumber :
  • tvOne/ Yanri Subekti (New York, AS)

VIVA Dunia – Badai musim dingin yang ganas telah memutuskan aliran listrik ke ratusan ribu rumah di seluruh Amerika Serikat dan menyebabkan sekitar 18 orang tewas akibat terdampak dan kecelakaan mobil di jalan yang tertutup es.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Badai topan merupakan salah satu yang paling kuat dalam beberapa dekade, berdampak juga pada lebih dari 3.000 penerbangan AS pada hari Sabtu, 24 Desember 2022, membuat ribuan pelancong terlantar yang melakukan penerbangan menit terakhir sebelum Natal.

Badai salju menerjang kota New York, AS.

Photo :
  • tvOne/ Yanri Subekti (New York, AS)
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Badai sekarang terjadi dalam hari ketiga berturut-turut, membentang dari Great Lakes dekat Kanada ke Rio Grande di sepanjang perbatasan dengan Meksiko. Suhu yang turun drastis membawa rekor Malam Natal terdingin ke beberapa bagian negara, termasuk di Washington, DC.

Sistem tenaga di seluruh AS berada di bawah tekanan karena meningkatnya permintaan panas dan kerusakan terkait badai pada jalur transmisi.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Melansir dari Al Jazeera, menurut situs pelacakan Poweroutage.us, setidaknya listrik padam pada 300.000 rumah dan tempat bisnis pada Sabtu, 24 Desember 2022 pada malam hari, penurunan tajam dari 1,8 juta pelanggan yang tanpa listrik pada hari sebelumnya.

Ratusan pengendara mobil terjebak dalam suhu di bawah titik beku di tengah badai salju di jalan raya antarnegara bagian Virginia, AS.

Photo :
  • Departemen Transportasi Virginia

Namun banyak perusahaan listrik yang terus meminta masyarakat untuk menghemat energi dengan tidak menyalakan peralatan besar dan mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Di seluruh negeri, para pejabat mengaitkan setidaknya 18 kematian akibat dampak badai, termasuk dua orang yang meninggal di rumah mereka di luar kota Buffalo di negara bagian New York ketika kru darurat tidak dapat menjangkau mereka di tengah kondisi badai salju yang bersejarah.

Eksekutif Kabupaten Erie Mark Poloncarz mengatakan orang ketiga juga tewas di Buffalo dan badai salju merupakan badai terburuk dalam sejarah komunitas kami.

Ambulans butuh menempuh satu perjalanan ke rumah sakit selama tiga jam di daerah di mana kendaraan bisa melewati salju. Selain itu, terdapat ratusan orang masih terjebak di dalam kendaraan mereka. Dia menambahkan bahwa Garda Nasional dikirim langsung ke kota Buffalo untuk penyelamatan yang mengancam jiwa ini.

Sementara Gubernur New York Kathy Hochul mengatakan hampir setiap mobil pemadam kebakaran di Buffalo terdampar karena salju. "Tidak peduli berapa banyak kendaraan darurat yang kita miliki, mereka tidak dapat melewati kondisi seperti yang kita bicarakan," katanya, dikutip dari Al Jazeera pada 26 Desember 2022.

Kematian terkait badai lainnya termasuk empat orang tewas di negara bagian Ohio pada hari Jumat, 23 Desember 2022 akibat tabrakan yang melibatkan sekitar 50 kendaraan. Di Missouri, seorang pengemudi tewas pada hari Kamis, 22 Desember 2022 setelah tergelincir ke sungai, sedangkan di Kansas, tiga orang lainnya tewas pada hari Rabu, 21 Desember 2022 dalam kecelakaan di jalan yang tertutup es.

Badai salju menerjang Amerika Serikat.

Photo :
  • Derek Gee /The Buffalo News via AP.

Seorang pekerja utilitas tewas di Ohio pada hari 23 Desember ketika mencoba untuk memulihkan listrik, sementara seorang wanita di Vermont meninggal di rumah sakit pada di hari yang sama ketika sebuah pohon tumbang akibat angin kencang dan menimpanya. Di Colorado, polisi menemukan mayat seseorang yang tampaknya tunawisma karena suhu di bawah nol dan salju turun di wilayah tersebut. Di Michigan, seorang pengemudi penyapu salju menemukan seorang wanita berusia 82 tahun meringkuk di salju di luar tempat tinggalnya yang dibantu. Dia dinyatakan meninggal kemudian.

Tiga kematian juga dilaporkan di Kentucky, di mana Gubernur Andy Beshear pada hari Sabtu, 24 Desember memperingatkan warga untuk tetap di rumah, tetap aman, tetap hidup.

“Saya tahu ini sangat sulit karena ini Malam Natal. Tapi kami mengalami lusinan kecelakaan. Itu sama sekali tidak aman,” katanya dalam pengarahan online, dikutip dari Al Jazeera pada 26 Desember 2022.

Badai Salju

Photo :

Sepanjang Interstate 71 di Kentucky, Terry Henderson dan suaminya, Rick, mengatakan kepada The Associated Press bahwa mereka terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang parah akibat beberapa kecelakaan selama 34 jam. Pengemudi truk melewati penantian di rig yang dilengkapi dengan pemanas diesel, toilet, dan lemari es, tetapi tetap menyesal mencoba mengemudi dari Alabama ke rumah mereka di dekat Akron, Ohio, untuk Natal.

“Saya berharap kami harus tetap tinggal. Kita seharusnya duduk," kata Terry Henderson, setelah mereka pindah lagi hari 24 Desember.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya