Militer China Lagi-lagi Latihan Kesiapan Tempur di Wilayah Sekitar Taiwan

VIVA Militer: Kapal perang militer China di Selat Taiwan
Sumber :
  • taiwannews.com.tw

VIVA Dunia – Militer China mengatakan telah melakukan latihan tempur di sekitar Taiwan pada Minggu, 8 Januari 2023. Ini merupakan latihan kedua dalam waktu kurang dari sebulan.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

"Pasukan kita telah mengorganisir patroli kesiapan tempur bersama dan latihan tempur yang sebenarnya di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan," kata Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam, dikutip dari NDTV, Senin, 9 Januari 2023.

Selain itu, pesawat tempur China diketahui melemparkan serangan ke langit di sekitar Taiwan hampir dua kali lipat pada tahun 2022. Jumlah ini lebih dari empat kali lipat hanya dalam dua tahun, menurut database sumber terbuka.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pesawat-pesawat tempur China seliweran di langit sekitar Taiwan

Photo :
  • Li Bingyu/Xinhua via AP

Pesawat militer China, sebagian besar jet tempur, terdeteksi di zona identifikasi pertahanan udara pulau itu, di sebelah timur garis median Selat Taiwan, sebanyak 1.737 kali pada tahun 2022. Namun angka itu naik dari 972 dalam 12 bulan sebelumnya, menurut statistik yang dikumpulkan oleh analis yang berbasis di Amerika Serikat (AS) Gerald Brown dan Ben Lewis.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Taiwan, seperti China, mempertahankan ADIZ di luar wilayah udara teritorialnya. Tindakan ini dilakukan sebagai zona penyangga untuk pesawat sipil dan militer yang masuk, yang diharapkan memiliki identitas diri atas dasar keamanan nasional.

ADIZ sendiri dianggap sebagai wilayah udara internasional. Garis median adalah penghalang tidak resmi yang menjaga permusuhan lintas selat sejak tahun-tahun awal Perang Dingin.

Perencana pertahanan Amerika mendapatkan kesepakatan diam-diam dari Taipei dan Beijing untuk menghormati perbatasan pada 1950-an. Tetapi, China mengklaim Taiwan sebagai miliknya, meskipun Taipei menolak klaim kedaulatan Beijing itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya