Taliban Larang Atlet Wanita untuk Bertanding atau Berlatih

Taliban melarang wanita berlaga dipertandingan olahraga
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Dunia – Ketakutan dan kekhawatiran semakin menghantui wanita-wanita di Afghanistan di bawah kuasa Taliban.

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Seperti Noura, wanita berusia 20 tahun yang miliki tekad untuk berolahraga begitu besar sehingga dia menentang tentangan keluarganya selama bertahun-tahun. Pemukulan dari ibunya dan ejekan dari tetangganya tidak pernah menghentikannya dari olahraga yang dicintainya.

Tapi wanita Afghanistan itu tidak bisa menentang penguasa Taliban di negaranya. Mereka tidak hanya melarang semua olahraga untuk perempuan dan anak perempuan, mereka telah secara aktif mengintimidasi dan melecehkan perempuan yang pernah bermain, seringkali membuat mereka takut bahkan untuk berlatih secara pribadi, kata Noura dan perempuan lainnya.  

Buka Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jabar 2024, Herman: Asah Intuisi Anak

Taliban melarang wanita berlaga dipertandingan olahraga

Photo :
  • nypost.com

Noura merasa hancur. "Aku bukan orang yang sama lagi," katanya. “Sejak Taliban datang, saya merasa seperti mati.” 

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Sejumlah gadis dan wanita yang pernah memainkan berbagai olahraga mengatakan kepada Associated Press bahwa mereka telah diintimidasi oleh Taliban dengan kunjungan dan panggilan telepon yang memperingatkan mereka untuk tidak terlibat dalam olahraga mereka. Para wanita dan anak perempuan berbicara dengan syarat anonim karena takut mereka akan menghadapi ancaman lebih lanjut.

Mereka berpose untuk seorang fotografer AP untuk dipotret dengan peralatan olahraga yang mereka sukai. Mereka menyembunyikan identitas mereka dengan burqa, jubah dan kerudung yang menutupi seluruh wajah, hanya menyisakan jaring untuk melihat. Mereka biasanya tidak mengenakan burqa, tetapi mereka mengatakan kadang-kadang melakukannya sekarang ketika mereka pergi ke luar dan ingin tetap anonim dan menghindari pelecehan.

Larangan olahraga adalah bagian dari kampanye pembatasan yang meningkat dari Taliban yang telah menutup kehidupan bagi anak perempuan dan perempuan.

Taliban melarang wanita berlaga dipertandingan olahraga

Photo :
  • nypost.com

Sejak pengambilalihan Afghanistan pada Agustus 2021, Taliban telah melarang anak perempuan bersekolah di sekolah menengah dan atas. Bulan lalu, mereka juga memerintahkan semua wanita dikeluarkan dari universitas.

Taliban mewajibkan wanita untuk menutupi rambut dan wajah mereka di depan umum dan melarang mereka pergi ke taman atau pusat kebugaran. Mereka sangat membatasi kemampuan perempuan untuk bekerja di luar rumah dan baru-baru ini melarang organisasi non-pemerintah untuk mempekerjakan perempuan, sebuah langkah yang dapat melumpuhkan aliran bantuan yang vital.

Bahkan sebelum Taliban berkuasa dengan masif, olahraga wanita ditentang oleh banyak orang di masyarakat Afghanistan yang sangat konservatif, dipandang sebagai pelanggaran terhadap kesopanan wanita dan peran mereka dalam masyarakat.

Namun, sebelumnya, pemerintah yang didukung secara internasional memiliki program yang mendorong olahraga wanita dan klub sekolah, liga, dan tim nasional untuk wanita di banyak cabang olahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya