Makin Mudah, Apotek Besar di Amerika Serikat Mulai Siapkan Izin untuk Penjualan Pil Aborsi

Tindakan aborsi
Sumber :

VIVA Dunia – Dua rantai toko obat atau apotek terbesar di Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka bermaksud untuk mulai menjual pil aborsi mengikuti peraturan baru Food and Drug Administration yang memungkinkan obat itu dijual bebas di apotek ritel.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Walgreens dan CVS telah mengonfirmasi, melansir People, bahwa mereka akan meminta sertifikasi untuk menjual mifepristone di negara bagian yang melegalkan aborsi.

"Kami sedang mengerjakan pendaftaran, pelatihan yang diperlukan untuk apoteker kami, serta mengevaluasi jaringan apotek kami dalam hal di mana kami biasanya mengeluarkan produk yang memiliki persyaratan FDA tambahan dan akan mengeluarkannya sesuai dengan undang-undang federal dan negara bagian," ujar juru bicara Walgreens. 

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Pil aborsi misoprostol

Photo :
  • People

Berdasarkan The New York Times, belum ada apotek yang memberikan perincian kapan pil aborsi diharapkan dapat ditawarkan atau apakah hanya akan ditawarkan di toko atau melalui pesanan pos (seperti pemesanan online), atau keduanya.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Mandat FDA yang diperbarui pertama kali diumumkan pada Selasa lalu, memungkinkan apotek yang menyetujui kriteria tertentu untuk menjual mifepristone pil aborsi dengan pesanan resep dari penyedia layanan kesehatan bersertifikat. Namun, apotek di negara bagian yang memiliki larangan aborsi hampir total tidak dapat berpartisipasi.

GenBioPro, pembuat pil generik tersebut, menyatakan di situs webnya bahwa pil bekerja dengan menghalangi produksi progesteron, hormon yang diperlukan untuk mempersiapkan lapisan rahim agar keberhasilan implantasi sel telur yang telah dibuahi dan mempertahankan kehamilan. Kemudian diikuti oleh misoprostol, prostaglandin yang menginduksi kontraksi rahim, yang akan menggugurkan kehamilan.

Aborsi

Photo :

CEO GenBioPro, Evan Masingill menyebut keputusan FDA pada hari Selasa sebagai "langkah ke arah yang benar yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan akses ke perawatan aborsi" dalam sebuah pernyataan kepada Politico.

"FDA menetapkan bahwa penghapusan persyaratan pengeluaran secara langsung dan penambahan persyaratan sertifikasi apotek diperlukan untuk meminimalkan beban pada sistem pemberian layanan kesehatan untuk mematuhi peraturan Strategi Evaluasi dan Mitigasi Risiko lembaga, sementara masih memastikan bahwa manfaat mifepristone untuk aborsi medis lebih besar daripada risikonya," jelasnya.

Berita itu muncul tepat ketika Departemen Kehakiman mengumumkan bahwa Layanan Pos AS juga dapat terus memberikan resep obat aborsi meskipun ada keputusan Mahkamah Agung untuk membatalkan kasus Roe v. Wade pada Juni 2022 lalu.

Langkah ini dikeluarkan bersamaan dengan upaya pemerintahan Presiden Joe Biden untuk lebih banyak mengamankan hak-hak aborsi bagi wanita, setelah Mahkamah Agung AS mengeluarkan putusan pada musim panas lalu untuk mengakhiri hak konstitusional aborsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya