Peru Umumkan Keadaan Darurat Dipicu Gelombang Protes di Ibu Kota Lima

Polisi di Peru mengadang demonstran pendukung mantan Presiden Pedro Castillo
Sumber :
  • AP Photo/Hugo Curotto

VIVA Dunia – Pemerintah Peru resmi mengumumkan keadaan darurat di ibu kota Lima dan tiga wilayah lainnya setelah protes berminggu-minggu terhadap Presiden Peru Dina Boluarte. Gelombang protes tersebut diketahui merenggut sedikitnya 42 nyawa.

Qodari Sebut Jokowi dan Prabowo sebagai Dwitunggal: Tidak Bisa Dipecah Belah

Pengumuman terbaru tersebut, yang berlaku selama 30 hari, memberi wewenang kepada tentara untuk campur tangan guna menjaga ketertiban dan menangguhkan beberapa hak konstitusional seperti kebebasan bergerak dan berkumpul.

Dilansir dari The Guardian, Selasa, 17 Januari 2023, selain ibu kota, keadaan darurat juga mencakup wilayah Cusco dan Puno serta pelabuhan Callao, yang berdekatan dengan ibu kota Lima.

Jokowi Diisukan Pindah Partai, Budi Arie: Warnanya Tunggu

Polisi bentrok dengan demonstran di Peru buntut penggulingan mantan Presiden

Photo :
  • AP Photo/Fredy Salcedo

Lebih dari 100 penghalang jalan, yang dipasang oleh pengunjuk rasa untuk mengganggu lalu lintas, dilakukan di seluruh Peru pada hari Sabtu, 14 Januari 2023, terutama di selatan, yang telah menjadi pusat protes, dan juga di sekitar Lima. Namun, pihak berwenang telah membuka kembali bandara internasional Cusco, yang sangat penting bagi sektor pariwisata Peru.

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Pada hari Jumat, 13 Januari 2023, Boluarte bersikeras bahwa dia tidak akan mundur dari jabatannya, yang dia sampaikan dalam pidato larut malam di TV pemerintah. “Beberapa suara yang datang dari faksi kekerasan dan radikal meminta pengunduran diri saya, memprovokasi penduduk ke dalam kekacauan, kekacauan dan kehancuran,” kata Boluarte.

“Saya tidak akan mengundurkan diri. Komitmen saya adalah dengan Peru.”

Dalam pidatonya juga, Boluarte sangat menyayangkan aksi protes yang terkadang berubah menjadi kekerasan. “Saya tidak bisa berhenti mengulangi penyesalan saya atas kematian orang Peru dalam protes ini,” ujarnya.

“Saya minta maaf atas situasi ini.”

Meski demikian, dia tetap menolak untuk kemungkinan mengadakan majelis konstitusi seperti yang diminta oleh pengunjuk rasa. “Itu tidak bisa terjadi dalam semalam,” kata Boluarte.

Wakil Presiden Dina Boluarte dilantik sebagai Presiden Peru yang baru

Photo :
  • AP Photo/Guadalupe Pardo

Demonstrasi massal anti-pemerintah pertama kali pecah pada awal Desember, setelah presiden saat itu Pedro Castillo digulingkan dari jabatannya karena berusaha membubarkan Kongres dan memerintah dengan keputusan. Dia juga berusaha mencegah pemungutan suara pemakzulan terhadapnya.

Pendukung Castillo telah berbaris dan membarikade jalan-jalan di sekitar negara Amerika Selatan, yang menuntut pemilihan umum baru dan pencopotan Boluarte. Boluarte, yang berasal dari partai sayap kiri yang sama dengan Castillo, bersikeras dia tidak akan mundur.

Peru telah menghadapi ketidakstabilan politik dalam beberapa tahun terakhir, dengan Boluarte orang keenam yang memegang kursi kepresidenan dalam lima tahun. Castillo, yang sedang diselidiki dalam beberapa kasus penipuan selama masa jabatannya, juga telah ditahan selama 18 bulan dengan tuduhan pemberontakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya