Di Bawah Aturan Taliban Manekin Harus Ditutupi Karung atau Kantong Plastik Hitam

Manekin di Toko Baju di Afghanistan Harus Ditutupi Karung atau Kantong Plastik Hitam.
Sumber :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

VIVA Dunia – Di bawah pemerintahan Taliban, deretan Manekin atau patung peraga di toko pakaian wanita di ibu kota Afghanistan, Kabul, harus dibungkus kepalanya dengan karung, kain, atau kantong plastik hitam. Manekin berkerudung adalah salah satu simbol kekuasaan puritan Taliban atas Afghanistan.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Namun di satu sisi, mereka juga merupakan pertunjukan kecil perlawanan dan kreativitas pedagang pakaian Kabul. Awalnya, Taliban ingin boneka itu langsung dipenggal.

Tidak lama setelah mereka merebut kekuasaan pada Agustus 2021, Kementerian Wakil dan Kebajikan Taliban, memutuskan bahwa semua manekin harus disingkirkan dari jendela toko atau kepalanya dilepas, menurut media setempat.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Manekin di Toko Baju di Afghanistan Harus Ditutupi Karung atau Kantong Plastik Hitam.

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

Mereka mendasarkan perintah itu pada interpretasi ketat hukum Islam yang melarang patung dan gambar berbentuk manusia, karena dapat disembah sebagai berhala. Beberapa penjual pakaian menurut, tapi tak sedikit juga yang memberontak mengenai aturan aneh tersebut.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Mereka mengeluh bahwa mereka tidak dapat memajang pakaian mereka dengan benar atau harus merusak manekin yang berharga. Pemilik toko kemudian harus menyeimbangkan antara mematuhi Taliban dan berusaha menarik pelanggan.

Jendela toko dan ruang pamer dipenuhi dengan manekin dalam gaun malam dan gaun yang penuh dengan warna dan dekorasi, dan semuanya dalam berbagai jenis penutup kepala. Di salah satu toko, kepala manekin dibungkus dengan karung yang terbuat dari bahan yang sama dengan pakaian tradisional yang mereka modelkan.  

Salah satu manekin, dalam gaun ungu bermanik-manik dengan cangkang cowrie, memiliki tudung ungu yang serasi. Yang lain, dalam gaun merah bersulam emas, tampak anggun dalam topeng beludru merah dengan mahkota emas di kepalanya.

“Saya tidak bisa menutupi kepala manekin dengan plastik atau benda jelek karena akan membuat jendela dan toko saya terlihat jelek,” kata Bashir, sang pemilik.

Pemilik toko perlu menjaga hal-hal menarik, karena ekonomi telah runtuh sejak pengambilalihan Taliban, dan penghentian pembiayaan internasional membuat hampir seluruh penduduk jatuh miskin.

Gaun rumit selalu populer di Afghanistan untuk pernikahan, yang bahkan sebelum Taliban berkuasa, biasanya dipisahkan berdasarkan jenis kelamin, dan memberi perempuan kesempatan untuk berpakaian terbaik di masyarakat konservatif negara itu.  

Namun, di bawah kepemimpinan Taliban, pernikahan adalah salah satu dari sedikit peluang yang tersisa untuk pertemuan sosial. Bashir mengatakan penjualannya hanya mendapat setengah dari sebelumnya.

"Beli baju pengantin, malam, dan adat tidak lagi menjadi prioritas masyarakat. Orang-orang berpikir lebih banyak tentang mendapatkan makanan dan bertahan hidup,” ujarnya.

Pemilik toko lainnya, Hakim, membentuk aluminium foil di atas kepala bonekanya, dan itu menambah kilasan tertentu pada barang dagangannya. “Saya memanfaatkan ancaman dan larangan ini dan melakukannya sehingga manekin menjadi lebih menarik dari sebelumnya,” katanya.

Manekin di Toko Baju di Afghanistan Harus Ditutupi Karung atau Kantong Plastik Hitam.

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi.

Tidak semua bisa begitu rumit. Di satu toko, manekin dengan gaun tanpa lengan semuanya memakai karung plastik hitam di atas kepala mereka. Pemilik toko juga mengatakan bahwa dia tidak mampu membeli lebih banyak.

Pemilik toko lainnya, Aziz, mengatakan agen dari Kementerian Kebajikan Taliban secara teratur berpatroli di toko dan mal untuk memastikan manekin tersebut tidak memiliki kepala atau ditutupi. Dia juga menolak pembenaran Taliban untuk aturan tersebut.

"Semua orang tahu manekin bukanlah berhala, dan tidak ada yang akan memujanya. Di semua negara Muslim, manekin digunakan untuk memajang pakaian.”

Sejumlah kecil manekin laki-laki dapat dilihat di etalase, juga dengan kepala tertutup, menunjukkan bahwa pihak berwenang menerapkan larangan tersebut secara seragam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya