Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar di Dunia, Kedua Ada Arab Saudi

Cadangan minyak terbesar.
Sumber :

VIVA DuniaDikenal sebagai "emas cair", minyak adalah salah satu komoditas terpenting yang ada di seluruh industri besar di dunia. Digunakan untuk hal-hal seperti sistem pemanas di rumah, menjalankan kendaraan, dan bahkan listrik, konsumsi minyak global mencapai 97 juta barel setiap hari!

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana semua "emas cair" ini berasal? Terbentuk melalui proses yang berlangsung jutaan tahun, minyak adalah bahan bakar fosil. Secara khusus, karena bahan organik seperti tumbuhan dan hewan terurai di bawah tanah, mereka bercampur dengan sedimen di dalam tanah. 

Selama bertahun-tahun, suhu dan tekanan tinggi membentuk sisa-sisa ini menjadi minyak dan gas. Jadi, ketika minyak dalam jumlah besar terbentuk di satu lokasi, mereka menciptakan "cadangan minyak". 

Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?

Cadangan minyak pada dasarnya adalah perkiraan jumlah minyak mentah yang berada di suatu daerah tertentu. Karena nilai minyak yang sangat besar serta jumlahnya yang terbatas, cadangan minyak ini sangat berharga dan penting bagi negara mana pun.

Venezuela

Photo :
Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

1. Venezuela - 303,806 Miliar Barel

Dengan lebih dari 300 miliar barel cadangan minyak terbukti pada tahun 2021, Venezuela memegang gelar cadangan minyak terbesar di dunia! Sebagian besar minyak ini berada di Sabuk Orinoco, yang berada di ujung selatan Cekungan Sungai Orinoco timur di negara tersebut. Sabuk ini saat ini merupakan deposit minyak bumi terbesar di dunia dengan perkiraan kapasitas lebih dari 200 miliar barel!

Dalam hal produksi minyak , Venezuela duduk jauh lebih rendah di antara para pemimpin dunia lainnya. Ini karena tidak seperti banyak negara lain dalam daftar ini, minyak mentah Venezuela sangat berat dan membutuhkan investasi besar dalam teknologi, tenaga kerja, dan kilang untuk mengekstraksinya.

Selain itu, meskipun pernah menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia, krisis minyak pada tahun 2015, kerusuhan politik, dan isu-isu berikutnya telah membatasi potensi Venezuela.

Kondisi mencapai titik terendah pada Oktober 2017 ketika negara tersebut memiliki produksi minyak terendah dalam 28 tahun. Hutang PDVSA lokal terus meningkat hingga hampir 35 miliar di tahun 2021! Sejak 2020, Iran telah bekerja sama dengan Venezuela untuk memulihkan dan memelihara fasilitas penyulingan yang tampaknya meningkatkan industri minyak lokal.

2. Arab Saudi - 258,600 Miliar Barel

Dengan minyak pertama kali melanda Arab Saudi pada Maret 1938 di ladang minyak Dammam, sungguh mengherankan betapa cepatnya negara itu berkembang dengan industri minyaknya. Sampai hari ini, Arab Saudi memiliki cadangan minyak mentah terbukti terbesar kedua dengan 267,19 miliar barel.

Sementara cadangan ini kurang dari Venezuela dengan margin yang layak, Arab Saudi menghasilkan minyak lebih dari dua kali lipat dengan produksi rata-rata lebih dari 9.000 barel per hari pada tahun 2021. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sebagian besar minyak Venezuela "sangat berat" membuatnya mahal untuk diekstraksi sementara minyak Arab Saudi jauh lebih hemat biaya dan menguntungkan.

Selain itu, dengan bantuan konglomerat besar seperti Saudi Aramco yang telah menggarap produksi minyak di wilayah tersebut, Arab Saudi juga merupakan pengekspor minyak terbesar yang merupakan bagian penting dariperekonomian negara 

Iran

Photo :

3. Iran - 208,600 Miliar Barel

Kilang minyak dan gas dengan bendera Iran. Kredit gambar Mohamad Reza Jamei melalui Shutterstock
Dengan lima ladang terbesar yang menampung lebih dari 80 miliar barel minyak total, Iran memiliki cadangan minyak terbesar ketiga di dunia sebesar 208,6 miliar barel. Ini adalah sekitar 16% dari cadangan terbukti global yang merupakan bagian penting dari ekonomi lokal .

Secara khusus, Iran telah menjadi sepuluh besar produsen dan pengekspor minyak selama bertahun-tahun dan pada tahun 2021 saja, negara tersebut memiliki tingkat produksi 2,5 juta barel per hari. Selain itu, Iran memiliki rencana untuk menginvestasikan $500 miliar ke dalam sektor minyak mereka pada tahun 2025 dengan harapan untuk meningkatkan pemanfaatan cadangan mereka yang sangat besar.

Karena Minyak Iran mencakup lebih dari 200 reservoir dan 102 ladang di mana 78 ladang saat ini aktif. Investasi yang meningkat dapat membuat Iran menjadi pemain top di pasar global.

4. Kanada - 170,300 Miliar Barel

Salah satu sumber daya ekonomi terpenting Kanada adalah minyak bumi. Cadangan minyak yang besar telah menempatkan Kanada di antara produsen dan pengekspor minyak terkemuka dunia.

Lebih dari 95% cadangan ini berada di deposit pasir minyak di Alberta, sebuah provinsi yang memiliki hampir semua pasir minyak Kanada dan sebagian besar cadangan minyak konvensionalnya. Saskatchewan dan Newfoundland juga memiliki cadangan minyak yang besar dan pabrik produksi minyak.

Sejarah industri minyak negara dapat ditelusuri kembali ke tahun 1858 ketika James Williams menggali sumur minyak pertama. Industri minyak Kanada menjadi terkenal bersamaan dengan industri AS. Kanada mengekspor minyaknya dalam jumlah besar dengan salah satu tujuan ekspor utamanya adalah AS. 

5. Irak - 145,019 Miliar Barel

Dengan cadangan terbukti lebih dari 140 miliar barel pada 2021, cadangan minyak Irak adalah yang terbesar keempat di dunia. Namun, karena berbagai masalah politik dan ekonomi seperti pendudukan militer di negara tersebut, terdapat keraguan terhadap keakuratan angka-angka tersebut.

Untuk tujuan ini, perkiraan dari berbagai sumber menempatkan total cadangan minyak antara 70 dan 300 miliar barel, tergantung siapa yang Anda yakini. Yang pasti minyak ini terutama ada di empat kota besar kaya minyak, Basra, Bagdad, Ramadi, dan Ba'aj. 

Dari segi pemanfaatan cadangan tersebut, Irak cukup tinggi sebagai produsen minyak terbesar ke-5 dengan produksi lebih dari 4 juta barel per hari pada tahun 2021. Produksi masif ini, yang dicapai hanya dengan sebagian ladang Irak , menyisakan sebagian besar cadangan yang belum dieksploitasi hingga hari ini.

Bahkan tanpa pemanfaatan besar, negara ini memenuhi 94% kebutuhan energinya dengan ekspor minyak menyumbang sebagian besar PDB-nya. Selain itu, Irak juga memiliki rencana untuk meningkatkan produksinya secara signifikan pada tahun 2025.

6. Kuwait - 101,500 Miliar Barel

Negara terakhir dalam daftar ini dengan cadangan minyak mentah terbukti lebih dari 100 miliar barel, Kuwaitmemegang sekitar 8% dari cadangan minyak dunia yang diketahui. Sebagian besar berada di ladang Burgan yang merupakan ladang konvensional terbesar kedua di dunia dan menampung sekitar 70 miliar barel minyak mentah.

Bidang ini telah aktif selama lebih dari 65 tahun, seperti halnya dengan banyak bidang utama lainnya di Kuwait. Karena itu, negara ini menghadapi kesulitan untuk bekerja dengan dan memelihara lapangan dan infrastruktur yang sudah tua tersebut.

Syukurlah, dikelola oleh Kuwait Petroleum Corporation (KPC) yang merupakan perusahaan milik negara, Kuwait memiliki banyak perusahaan yang bekerja untuk mengekstraksi, memproduksi, dan mengekspor minyak ini. Jadi, meski dengan ladang yang menua, Kuwait memiliki produksi yang layak sebesar 2,5 juta barel per hari yang menjadikannya produsen minyak dunia terbesar ke-10. Lebih-lebih lagi,

7. Uni Emirat Arab - 97,800 Miliar Barel

Dikenal karena cadangan minyaknya yang sangat besar dan kemakmuran ekonominya, Uni Emirat Arab (UEA) telah membuktikan cadangan minyak mentahnya sebesar 111 miliar barel.

Dari jumlah tersebut, mayoritas (90+ miliar barel) berada di Abu Dhabi dengan ladang tunggal terbesar adalah ladang Zakum dengan perkiraan 66 miliar barel minyak. Berkat cadangan yang sangat besar dan dapat diperoleh kembali ini, UEA menghasilkan lebih dari 3 juta barel minyak per hari dan juga pengekspor minyak terbesar kelima di dunia.

Ini setara dengan sekitar 2,4 juta barel diekspor setiap hari yang merupakan 30% dari PDB negara ! Dalam hal pertumbuhan di masa depan, UEA masih menemukan cadangan baru dengan penemuan cadangan 22 miliar barel baru-baru ini pada tahun 2020.

8. Rusia - 80 Miliar Barel

Rusia adalah produsen minyak terbesar di Eropa dan merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia, dengan produksi minyak tahunan sekitar 540,7 juta ton. Rusia memiliki cadangan minyak terbesar kedelapan di dunia.

Menurut statistik yang diberikan oleh Kementerian Sumber Daya Alam Rusia pada tahun 2005, cadangan minyak terbukti di wilayah Siberia Timur Rusia diperkirakan lebih dari 4,5 miliar barel. Kementerian juga menyebutkan total cadangan minyak terbukti di dalam negeri sebanyak 10,9 juta ton.

Namun, ukuran cadangan minyak di Siberia Barat (tempat sebagian besar produksi minyak Rusia berlangsung) tidak sepenuhnya diketahui. Perkiraan dari Wood Mackenzie mengklaim bahwa cadangan minyak di Siberia Barat bisa mencapai 2 triliun barel. Minyak adalah salah satu komoditas ekspor utama Rusia,

9. Libya - 48,363 Miliar Barel

Hingga pertengahan 1900-an, minyak tidak memainkan peran penting dalam pertumbuhan atau ekonomi Libya. Baru pada tahun 1959 penemuan cadangan minyak yang besar di Tripolitania dan Cyrenaica (bagian dari Libya) menunjukkan peningkatan positif yang lengkap dalam perekonomian serta standar hidup secara keseluruhan di negara tersebut.

Sejak itu, negara ini telah mengumpulkan salah satu cadangan global terbesar dan saat ini memiliki 48,36 miliar barel cadangan minyak mentah terbukti yang mengesankan. Ini adalah cadangan minyak terbesar di Afrika sekaligus terbesar ketujuh di dunia!

Dikenal memiliki biaya produksi yang rendah dan kandungan sulfur yang rendah, industri minyak Libya menguntungkan dan dicari secara global, terutama oleh negara-negara Eropa. Untuk akhir ini,

Sementara Libya tumbuh dengan lambat, cadangan berlimpah bertindak sebagai semacam pedang bermata dua bagi negara. Pemerintah harus bekerja secara bersamaan untuk mempertahankan ladang aktif, menemukan yang baru, dan mengembangkan infrastrukturnya, membuat pemanfaatan penuh minyak mentahnya menjadi tugas yang berat bagi Libya.

10. AS - 47,107 Miliar Barel

Produksi minyak mentah di AS terus menurun hingga tahun 2008 sejak mencapai puncak produksi pada tahun 1988 (akibat produksi Alaska). Namun kemudian meningkat lagi dari tahun 2006 hingga 2020.

Total produksi minyak mentah dari tahun 1970 hingga 2006 adalah 102 miliar barel, kira-kira 5,5 kali penurunan cadangan terbukti. Sejak harga minyak memuncak pada musim panas 2008, produksi minyak dalam negeri meningkat. Tidak hanya itu, pada tahun 2012, produksi minyak meningkat sebesar 800.000 barel, kenaikan tertinggi yang pernah tercatat dalam satu tahun sejak pengeboran minyak dimulai pada tahun 1859.

Di Dakota Utara dan Montana, serpih pembawa minyak memproduksi minyak dalam jumlah yang meningkat. Pada April 2013, produksi minyak mentah AS berada pada level tertinggi lebih dari 20 tahun, setelah produksi mendekati 7,2 juta barel per hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya